Ketua Asprov PSSI NTT Harus Memajukan Sepakbola

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Asosiasi Futsal Sikka berharap ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Nusa Tenggara Timur (NTT) hendaknya dijabat oleh orang yang benar-benar ingin memajukan sepakbola di daerah ini.

“Kita  ingin agar kedepannya ketua Asprov PSSI NTT bisa membuat sepakbola di NTT lebih maju lagi,” kata Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Sikka, Femmy Bapa saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Jumat  (6/8/2021).

Femmy menyebutkan, pemimpin PSSI NTT hendaknya ditempati oleh orang yang selama ini bergiat di dunia sepakbola agar sepakbola NTT bisa lebih maju.

Dirinya meminta agar kompetisi berjenjang dilaksanakan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten sebagai wadah mencari bibit-bibit pemain yang bagus.

Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Sikka, Femmy Bapa saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Jumat (6/8/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Selain itu pintanya, turnamen piala gubernur dan turnamen El Tari antar kabupaten dan kota di NTT lebih ditingkatkan pelaksanaannya baik dari segi kualitas pemain maupun pemimpin pertandingan.

“Banyak pemain-pemain berbakat di NTT namun jarangnya kompetisi membuat para pemain tidak bisa mengasah kemampuan dan bisa dilirik oleh klub-klub sepakbola profesional,” ucapnya.

Femmy menyebutkan NTT memiliki banyak pesepakbola yang berbakat, namun minimnya kompetisi membuat mereka tidak bisa mengasah kemampuan dan diketahui kemampuannya.

Ia mengatakan, setelah terpilih menjadi ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Sikka dirinya menghidupkan kompetisi antarklub dan melakukan pembinaan berjenjang terhadap klub.

Sementara itu, Ketua Komite Pemilihan, Lukman Hakim mengharapkan agar pemilik hak suara bisa mendaftarkan calonnya sesuai jadwal yang ditetapkan.

Lukman memaparkan, Asosiasi Kabupaten (Askab) mengusulkan 9 nama untuk memperebutkan jabatan ketua, sekretaris dan komite Exco sebanyak 7 orang.

“Kami telah membuka pendaftaran calon sejak tanggal 3 Juli 2021 hingga 3 September 2021 nanti. Silakan setia pengurus PSSI Kabupaten dan Kota mengajukan nama-nama calon untuk dipilih,” ungkapnya.

Lukman menjelaskan, calon yang diajukan harus memenuhi beberapa syarat diantaranya minimal 3 tahun terakhir mengurus sepakbola, melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan tidak pernah menjalani hukuman penjara.

Sementara Sekjen Asprov PSSI NTT, Lambertus Ara Tukan, mengatakan, semua berkas pendaftaran dari asosiasi kabupaten dan kota hendaknya dikirim ke komite pemilihan atau Asprov PSSI NTT.

Lambert mengharapkan proses pemilihan ketua dan pengurus Asprov PSSI NTT bisa berjalan dengan lancar hingga terpilih pengurus pada tanggal 4 Desember 2021 nanti.

Beberapa nama sudah muncul dan diusulkan oleh Asosiasi Kabupaten dan Kota seperti Josef Nae Soi selaku Wakil Gubernur NTT, Fary Francis, mantan Anggota DPR RI, Jimmi Sianto serta Chris Mboeik.

Lihat juga...