Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Siapkan SDM Melek Digital

Editor: Koko Triarko

BREBES – Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, saat ini tengah fokus menyiapkan SDM, khususnya anggota koperasi, agar lebih melek digital. 

Selain telah menjadi tuntutan zaman, hal tersebut dinilai mendesak untuk dilakukan, mengingat saat ini hampir semua sendi kehidupan telah mulai beralih ke teknologi digital. Tak kecuali dalam mengakses layanan simpan pinjam koperasi tingkat desa, sebagaimana yang akan dilakukan Koperasi Berkah Damandiri.

“Rencananya dalam waktu dekat ini, koperasi lewat unit usaha Modal Kita akan mulai menerapkan layanan keuangan berbasis online. Karena itu, warga desa khususnya anggota, juga harus kita siapkan agar mereka bisa memanfaatkan layanan ini. Karena pada dasarnya, layanan online semacam ini akan jauh lebih memudahkan anggota,” kata Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri, Slamet Abdurokhman.

Slamet menyebut, saat ini Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan memiliki 1.700 lebih anggota. Mayoritas merupakan nasabah unit usaha simpan pinjam Modal Kita, yang terbagi dalam 15 kelompok. Selama ini, mereka rutin memanfaatkan pinjaman modal koperasi, untuk menjalankan ataupun memulai usaha baru.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Wanasari Brebes, Jawa Tengah, Slamet Abdurokhman –Foto:  Jatmika H Kusmargana

“Rata-rata anggota koperasi memang telah memiliki HP (handphone). Walaupun memang tak sedikit dari mereka yang belum mampu memanfaatkan fitur-fitur terbaru berbasis aplikasi, sebagaimana yang akan kita jalankan. Umumnya karena banyak anggota telah berusia tua, karena itu perlu disiapkan,” ungkapnya.

Menurut Slamet, upaya penyiapan anggota koperasi dalam mengenal teknologi digital berbasis online akan dilakukan secara bertahap. Yakni, dengan memanfaatkan setiap kelompok yang tersebar di semua dusun yang ada. Baik itu lewat pelatihan maupun pendampingan secara berkelompok.

“Tentu akan kita lakukan secara bertahap lewat kelompok-kelompok Tabur Puja. Kelompok-kelompok inilah yang nantinya akan menjembatani para anggota koperasi yang kesulitan mengakses layanan simpan pinjam Modal Kita,” ungkapnya.

Koperasi Berkah Damandiri merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, akan segera memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan unit usaha simpan pinjam Modal Kita.

Teknologi berupa sistem keuangan digital ini diharapkan akan lebih mempermudah kerja pengelola koperasi, maupun meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh nasabah maupun anggota. Dengan sistem baru ini, setiap anggota dapat mengakses layanan simpan pinjam Modal Kita hanya dengan menggunakan HP. Baik itu saat proses pengajuan pinjaman, pencarian dana maupun pembayaran angsuran setiap bulan.

Lihat juga...