Lyon Bawa Xherdan Shaqiri dari Liverpool, Norwich Rampungkan Transfer Brandon Williams 

Gelandang serang tim nasional Swiss, Xherdan Shaqiri, melakukan selebrasi seusai mencetak gol keduanya ke gawang Turki dalam laga pemungkas Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Baku, Azerbaijan, Minggu (20/6/2021) waktu setempat - foto Dok Ant
JAKARTA – Lyon, telah menuntaskan penandatanganan kontrak gelandang internasional Swiss, Xherdan Shaqiri, dari Liverpool. Kedua klub telah mengumumkan perpindahan pemain tersebut secara resmi, Senin (23/8/2021).

Menurut Lyon, pemain berusia 29 tahun itu pindah dengan biaya awal enam juta euro, naik menjadi total potensial 11 juta euro plus bonus. Shagiri menandatangani kontrak hingga 2024. Total memperkuat timnas Swiss 96 kali, Shaqiri pernah bermain pula untuk Basel, Bayern Munich dan Inter Milan, sebelum pindah ke Inggris pada 2015 ketika ia menandatangani kontrak dengan Stoke City.

Dia kemudian bergabung dengan Liverpool pada 2018, dan membuat 63 penampilan untuk klub Anfield selama tiga musim terakhir. Dia turut berkontribusi membawa Liverpool mejadi juara Liga Premier, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub dan Piala Super UEFA. “Semua orang di Liverpool FC berterima kasih kepada Xherdan atas kontribusinya selama tiga musim terakhir, dan mendoakan yang terbaik untuk sisa kariernya,” demikian pernyataan Liverpool.

Shagiri menjadi pemain kedua, yang pindah ke Lyon dari Liga Premier dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, ada bek kiri internasional Italia, Emerson Palmieri, yang menandatangani kontrak pinjaman dari Chelsea.

Brandon Williams, saat bermain untuk Manchester United dalam pertandingan Liga Europa lawan Real Sociedad di Old Trafford, Manchester, Inggris pada 25 Februari 2021 – foto Dok Ant
Sementara itu, Norwich City telah merampungkan proses peminjaman bek sayap, Brandon Williams, dari Manchester United (MU). Kedua tim menyebut, Williams, akan dipinjam selama satu musim. Pemain timnas Inggris U-21 tersebut membuat 14 penampilan untuk United di semua kompetisi musim lalu. Tetapi tidak dapat mempertahankan tempat reguler, karena kalah bersaing dengan, Luke Shaw dan kedatangan Alex Telles, pada Oktober.

“Rasanya sangat berbeda. Ini pertama kalinya saya bermain untuk klub yang berbeda, tetapi saya sangat bersemangat untuk memulai dan bertemu semua orang, serta memulai musim saya secara pribadi,” kata pemain berusia 20 tahun itu.

“Saya berbicara dengan pelatih kepala (Daniel Farke) dan dia memberi tahu saya jumlah pemain yang dia kembangkan dan seberapa baik mereka. Beberapa pemain telah meninggalkan klub dan terus melakukan hal-hal yang sangat bagus. Saya hanya ingin berada di sini dan terus meningkatkan permainan saya,” tambahnya.

Williams, adalah rekrutan ke-10 Norwich baru-baru ini. Klub sebelumnya telah mendatangkan Billy Gilmour (pinjaman dari Chelsea), Angus Gunn (Southampton) dan Christos Tzolis (PAOK) dan beberapa pemain lainnya. Norwich, yang kalah 0-5 dari juara bertahan, Manchester City, di liga pada akhir pekan lalu, dijadwalkan menjamu Bournemouth di Piala Liga pada Rabu (25/8/2021) dini hari WIB. (Ant)

Lihat juga...