M1 Dikhawatirkan Rossi Melempem di Austria

Pebalap tim Petronas Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao - Foto Dok Ant

JAKARTA – Valentino Rossi, akan mendapati, Cal Crutchlow, sebagai tandem barunya di Grand Prix Styria akhir pekan ini. Namun, juara dunia sembilan kali itu waspada, Sirkuit Red Bull Ring, menjadi batu sandungan bagi performa motor Yamaha YZR-M1.

Rampung lima pekan jeda musim panas, MotoGP kembali bergulir akhir pekan ini, dengan menggelar dua balapan di Austria. Tim Petronas Yamaha SRT, menugasi Cruthclow, menggantikan Franco Morbidelli, yang masih menjalani pemulihan diri pascaoperasi.

Red Bull Ring, rutin menjadi bagian kalender MotoGP sejak 2016, setelah 18 absen. Dan sirkuit di Spielberg itu pernah menyaksikan The Doctor naik podium. Akan tetapi, di dua balapan beruntun di Austria tahun lalu, Rossi hanya mampu finis P5 dan P9. “Jeda musim panas yang bagus. Saya bisa rileks dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, sebelum kembali ke rumah untuk berlatih di atas motor,” kata Rossi, Rabu (4/8/2021).

“Akan menyenangkan membalap lagi akhir pekan ini, tapi jujur saya tidak yakin ini trek yang terbaik untuk kami. Kami tahu area di mana motor kami kuat, tapi ada juga area di mana kami harus memperbaiki diri dan saya rasa trek Austria ini mungkin tidak membuat kami kuat. Akan tetapi ini tempat yang indah, dengan banyak pepohonan di sekitarnya meskipun ini trek yang sulit, ini tempat yang asik didatangi,” tambahnya.

Sementara Crutchlow, yang menjadi test driver Yamaha, akan berseragam Petronas Yamaha untuk tiga balapan, mulai akhir pekan ini. Pebalap Inggris itu nyaris berada di podium di Spielberg pada 2018, saat ia finis P4. Akan tetapi, fokus bagi Cruthclow akhir pekan ini adalah, aklimatisasi dengan motor Yamaha dan membuat progres di setiap sesi. “Ini akan menjadi tugas yang terasa sangat berbeda dari apa yang saya lakukan tahun ini sebagai test rider Yamaha,” kata Crutchlow, yang mengaku tak terlalu menikmati balapan di Red Bull Ring.

“Ini bukan sirkuit yang cepat dan mengalir, ini antara perlunya Anda cepat dan presisi. Terkait hasil, saya tidak memiliki target tertentu, tujuan utama saya adalah mencoba lebih baik setiap sesi. Saya akan bekerja dengan Ramon Forcada, yang paham betul motor Yamaha. Saya rasa ini akan berjalan dengan baik. Saya hanya perlu memastikan saya melakukan tugas yang baik bagi tim,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...