Manfaat Eco Enzyme Dihasilkan dari Limbah Organik Rumah Tangga

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Limbah memiliki kandungan manfaat yang berguna dalam hidup manusia setiap harinya. Salah satunya, yakni limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan eco enzyme.

Dina Putu Ayu Kristiyanti, guru di SMAK Santo Paulus, warga Kelurahan Tegalboto, Kecamatan Sumbersari, Jember, mengatakan, eco enzyme dihasilkan dari limbah organik rumah tangga, baik dari limbah sayur maupun kulit buah.

“Dengan limbah sayur dan kulit buah, sudah bisa diproses dan diolah menjadi eco enzyme,” ujar Dina Ayu Kristiyanti kepada Cendana News, di kediaman rumahnya, Kelurahan Tegalboto, Rabu (4/8/2021).

Dina menambahkan, manfaat dari hasil olahan eco enzyme beragam. Serta tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan setiap hari.

“Manfaat eco enzyme dapat membersihkan lantai, memperbaiki udara dan menambah oksigen, dapat merusak dan membunuh bakteri serta virus, dan juga bisa digunakan untuk mandi,” jelasnya.

Dengan kandungan manfaat yang besar, Dina mengatakan tidak perlu lagi membeli bahan sabun pembersih lain untuk keluarganya. Sebab, dari hasil eco enzyme yang dibuatnya, mampu mencukupi keperluan hidup sehari-harinya.

“Sejak tahun 2020 saya belajar membuat eco enzyme sendiri, dan hasilnya sukses, bisa digunakan untuk apa saja, dan itu efektif sekali. Jadi selama pandemi Covid-19, dengan adanya eco enzyme menghemat pengeluaran, untuk membeli disinfektas, antiseptik maupun bahan spray untuk menangkal paparan virus Covid-19,” ungkapnya.

Dina menambahkan, hasil dari produksi eco enzyme yang dibuatnya, dirinya mengaku memilih membagikan kepada warga sekitar, tanpa harus menjualnya.

“Warga yang datang ke sini membawa sampah an-organik. Sampah tersebut bisa dijadikan tabungan yang nantinya bisa menjadi uang, atau warga bisa menukarnya dengan eco enzyme,” ungkapnya.

Secara terpisah, Anik Wariska, mahasiswi Fakultas Teknik Pertanian, Jurusan Teknik Pangan mengatakan, manfaat eco enzyme baik untuk kelangsungam hidup manusia. Sebab, dalam kandungan memiliki bakteri baik yang mampu menangkal serangan bakteri jahat pada manusia.

“Bakteri eco enzyme mampu merusak bakteri maupun virus, namun tidak berdampak pada bakteri enzyme yang ikut rusak. Karena itulah, bakteri baik yang dihasilkan bermanfaat untuk kehidupan manusia,” jelasnya.

Lihat juga...