Manis Legitnya Boling, Oleh-Oleh Khas Banyumas

Editor: Makmun Hidayat

BANYUMAS — Bolang-baling atau boling merupakan makanan khas Banyumas sejak puluhan tahun lalu yang sampai saat ini masih bertahan. Hanya saja sudah mengalami banyak perkembangan, dari boling yang original, sekarang sudah banyak varian rasa, seperti coklat dan keju.

Salah satu yang masih menjual makanan khas Banyumas ini adalah butik batik Mruyung di Kecamatan Banyumas. Ada tiga varian rasa yang tersedia yaitu boling original, rasa keju dan rasa coklat. Boling di Kota Lama Banyumas ini mempunyai cita rasa khas, karena sudah memproduksi dalam waktu cukup lama dan menggunakan resep khusus.

“Boling di sini paling enak, berbeda dengan di tempat lain. Meskipun ukurannya lebih kecil, namun rasanya lebih legit dan manisnya asli dari gula jawa,” kata salah satu penggemar boling, Vivin Hervina, Sabtu (28/8/2021).

Penggemar boling, Vivin Hervina, di Banyumas, Sabtu (28/8/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Vivin mengaku paling suka dengan boling yang rasanya original, karena lebih terasa gurih dan manisnya gula jawa. Jika dilengkapi dengan rasa coklat, menurutnya, rasanya terlalu manis.

“Paling suka yang original, gurih manisnya pas di lidah. Harganya juga sangat terjangkau, satu dus boling berisi 20 biji, hanya Rp 20.000, jadi kalau membeli boling, lebih sering ke kota lama Banyumas ini,” tuturnya.

Hanya saja, kios penjualan boling di lokasi tersebut  jam operasionalnya terbatas, pukul 14.00 WIB sudah tutup karena dipastikan boling sudah habis.

Hal serupa juga diungkapkan Anjar Asmara, warga Kota Purwokerto mengatakan, boling yang enak hanya ada di kota lama Banyumas. Namun, mengingat letaknya yang cukup jauh, ia seringkali membuat boling sendiri di rumah.

Menurutnya untuk membuat boling cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan hanya tepung terigu, gula pasir atau bisa juga menggunakan gula jawa, telur dan ragi instan saja. Kemudian minyak goreng untuk menggoreng adonan yang sudah jadi.

“Boling ini kan sebenarnya roti goreng, jadi membuatnya cukup mudah dan sederhana,” katanya.

Lebih lanjut Anjar menjelaskan, awalnya dibuat adonan cair berupa ragi, gula dan air hangat kemudian ditambahkan telur kocok. Setelah didiamkan selama kurang lebih lima menit, adonan cair tersebut baru dicampur dengan tepung terigu dan diberi sedikit garam untuk memberikan rasa gurih. Setelah adonan tercampur rata, lalu didiamkan selama 1 jam dengan ditutup rapat menggunakan kain yang bersih.

“Setelah 1 jam, maka adonan sudah siap untuk dipotong-potong atau dibentuk sesuai selera, setelah itu baru digoreng. Kalau boling khas Banyumas, bagian atasnya biasanya diberi taburan gula jawa cair, tetapi jika ingin yang lebih simpel bisa diganti dengan taburan gula halus atau meses coklat, keju dan lainnya, sesuai selera,” terangnya.

Lihat juga...