Menikmati Teluk Lampung dari Ketinggian Perbukitan Tarahan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Dataran tinggi atau plato di Lampung jadi salah satu spot menikmati pemandangan indah dalam berbagai suasana. Salah satunya dataran tinggi Tarahan, dengan pemandangan Teluk Lampung di sisi Barat yang berpadu dengan kota Bandar Lampung.

Effendi Koto, salah satu pemuda penyuka wisata alam menyebutkan, lokasi yang dikenal dengan tanjakan Tarahan berada di lokasi stategis, tepatnya di tepi Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Berada dekat perbatasan kota Bandar Lampung bisa ditempuh dalam waktu setengah jam.

Effendi Koto bilang spot yang bisa dinikmati ada sekitar dua titik. Titik pertama di area salah satu lahan pesantren, titik kedua dikelola warga. Meski sudah tidak seindah lima tahun sebelumnya imbas kurang perawatan, spot tersebut tetap jadi favorit bagi penyuka wisata alam.

“Bagi sebagian remaja yang ingin menikmati suasana saung berada di spot kedua lengkap dengan adanya warung penyedia makanan, minuman ringan, spot pertama di bagian bawah sudah kurang terawat terlebih selama pandemi Covid-19 pelaku perjalanan semakin sedikit,” terang Effendi Koto saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (1/8/2021).

Pemuda asal Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung itu menyebutkan, waktu yang tepat untuk menikmati suasana perbukitan Tarahan yakni saat pagi dan sore. Semilir angin di perbukitan menjadikan tempat tersebut cukup nyaman. Keheningan yang bisa dinikmati semakin terasa sebab kendaraan melintas berkurang setelah ada jalan tol Sumatera.

Menikmati keheningan di perbukitan Tarahan sebut Effendi Koto bisa jadi titik awal untuk rekreasi di sejumlah destinasi wisata di Katibung. Pasalnya kecamatan Katibung yang kaya akan plato atau perbukitan juga kaya pantai. Sejumlah pantai yang bisa dikunjungi di antaranya Tanjung Selaki, Sebalang, Pasir Putih.

“Sejumlah pantai dekat dengan pulau bisa dilihat dari perbukitan Tarahan jadi rekreasi semakin lengkap di satu kawasan,” ulasnya.

Effendi Koto (kiri) dan dua rekannya menikmati suasana sejuknya perbukitan Tarahan, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Sabtu sore (31/7/2021) (Dok: Henk Widi)

Yohana, pengunjung lainnya menyebutkan, perbukitan Tarahan sebutnya jadi salah satu pilihan yang bisa dikunjungi tanpa merogoh kocek. Pemandangan yang menarik bisa diperoleh untuk feed media sosial karena lokasi yang Instagramable. 

“View Teluk Lampung sangat indah ketika cuaca cerah, jadi harus memilih waktu tepat agar mendapatkan hasil fotografi yang indah,” sebutnya.

Saat mengunjungi perbukitan Tarahan Yohana menyebut ada baiknya membawa bekal makanan. Meski ada warung makanan ringan, namun menikmati suasana dengan membawa bekal makanan sendiri lebih menyenangkan.

Pengunjung lain, Heriawan menyebut perbukitan Tarahan hanya bagus di sisi sebelah kiri arah Bakauheni. Beberapa tahun silam pada sejumlah perbukitan itu disediakan sejumlah cafe untuk memandang Teluk Lampung. Namun seiring dengan bermunculan spot wisata baru, tren pada objek wisata kekinian yang hits, perbukitan Tarahan hanya sebagian yang masih dimanfaatkan.

Pecinta wisata alam, wisata minat khusus menjadikan perbukitan Tarahan sebagai alternatif. Ia menyebut dengan pembenahan, pengelolaan yang baik minat warga sejenak menikmati keindahan perbukitan Tarahan akan kembali meningkat. Faktor semakin berkurangnya pelaku perjalanan melintas sebut Heriawan sekaligus menurunkan kunjungan ke perbukitan Tarahan tersebut.

Lihat juga...