Menjamu Montpellier, Lille Susah Payah Bukukan Kemenangan Pertama 

Penyerang Lille, Jonathan David (kiri), melakukan selebrasi bersama, Angel Gomes, seusai mencetak gol ke gawang Montpellier dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Prancis, Minggu (29/8/2021) - foto Ant
JAKARTA – Lille, bersusah payah untuk membukukan kemenangan pertama di Liga Prancis musim ini, seusai menundukkan Montpellier 2-1, dalam laga pekan keempat di Stadion Pierre-Mauroy, Minggu (29/8/2021).

Dua gol yang mewarnai injury time babak pertama dicetak oleh Yusuf Yazici untuk Lille dan dibalas Montpellier lewat Gaetan Laborde. Lille, merestorasi keunggulannya di awal babak kedua melalui Jonathan David, dan mempertahankannya setelah tim tamu dipaksa main dengan 10 pemain karena kartu kuning kedua yang diterima Junior Samba. Kemenangan pertama membuat sang juara bertahan naik menduduki posisi ke-10, dengan raihan lima poin. Persis satu strip dan satu poin di atas Montpellie.

Pertandingan babak pertama lebih banyak diwarnai kartu kuning, yang tiga kali diberikan wasit, Amayry Delerue, untuk masing-masing tim. Fokus laga akhirnya beralih, saat Yazici memecahkan kebuntuan pada menit pertama injury time babak pertama, memanfaatkan umpan sundulan Jose Fonte, demi membawa Lille memimpin.

Tapi keunggulan tuan rumah segera raib tiga menit berselang, ketika Laborde mampu menyelesaikan situasi bola mati dengan tembakan jarak dekat untuk mengoyak gawang Lille dan membuat skor imbang 1-1. Laga keras sarat kontak fisik berlanjut dan tuan rumah memperoleh situasi tendangan bebas di areanya sendiri saat Reinildo dilanggar Teji Savanier.

Kendati berawal dari paruh lapangannya sendiri, situasi bola mati itu berujung dengan keberhasilan David, merangsek ke dalam kotak penalti Montpellier dan mencetak gol untuk merestorasi keunggulan Lille pada menit ke-56. Tugas Lille menjaga keunggulan kian dipermudah, saat Samba melanggar keras Angel Gomes pada menit ke-73. Pelanggaran yang tak memberi pilihan lain bagi wasit, Delerue, selain memperlihatkan kartu kuning kedua dan mengusir bek sayap Montpellier dari lapangan.

Kendati melakoni situasi 10 lawan 11, Montpellier nyaris mencuri satu poin lewat peluang pemungkas mereka, sayang sundulan Elye Wahi bisa diamankan kiper Ivo Grbic demi mengunci kemenangan Lille 2-1. Selepas jeda internasional dua pekan ke depan, Lille akan bertandang ke Stadion Moustoir menghadapi Lorient, sementara Montpellier menjamu AS Saint-Etienne di Stadion Mosson. (Ant)

Lihat juga...