Menu Sehat Sup Daging Sapi Kuah Bening, Sedap

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Akhir pekan menjadi waktu untuk menyajikan menu istimewa bagi keluarga. Salah satu menu istimewa yang bisa disajikan berupa sup daging sapi kuah bening. Dengan beragam sayuran segar, menu sup daging sapi kuah bening menjadi menu menyehatkan.

Supami Eva, warga Desa Brajayekti, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, mengatakan jika kuliner berkuah segar itu menjadi salah satu favorit keluarga, terutama saat musim penghujan.

Memiliki aroma segar beragam bumbu dan rasa gurih, menjadikan menu sup daging sapi kuah bening cocok untuk sarapan.

Ia menyiapkan bahan utama daging sapi dari bagian sandung lamur atau brisket dan tulang iga. Daging sapi bagian dada bawah sekitar ketiak di pasar tradisional. Bahan lain berupa sejumlah sayuran segar dan bumbu.

Beberapa sayur segar, sebut Supami Eva meliputi wortel, buncis, soleng atau jagung muda, brokoli, kentang. Tambahan bumbu potong berupa cabai merah, tomat, daun bawang dan daun seledri. Pelezat menu sup daging sapi kuah bening berupa bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, garam, lada, pala, merica, daun jeruk, daun bawang. Bumbu dihaluskan dengan cara diblender agar tercampur sempurna.

Proses pengolahan sup daging sapi kuah bening dilakukan Supami Eva di Desa Brajayekti, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, Sabtu (21/8/2021). -Foto: Henk Widi

“Daging sapi bagian sandung lamur yang sebagian masih memiliki lemak, dipotong ukuran kecil, tulang iga dipotong ukuran kecil agar bumbu mudah meresap, bahan lain berupa sayur yang telah dibersihkan, lalu dipotong ukuran kecil,” terang Supami Eva, saat ditemui Cendana News, Sabtu (21/8/2021).

Supami Eva menjelaskan, prosesnya diawali dengan mendidihkan daging dan tulang iga dengan air dalam panci. Gunakan api besar agar proses pematangan daging  dan tulang iga lebih cepat. Air yang mendidih untuk merebus daging dan iga sapi ditunggu hingga mengeluarkan kaldu dengan aroma khas. Selanjutnya, sisihkan daging dan iga, sisakan kaldu untuk merebus bawang putih halus, irisan daun seledri.

Lihat juga...