Monaco Akhirnya Merasakan Kemenangan di Liga Prancis Musim Ini

Pemain sayap AS Monaco, Sofiane Diop, diselamati rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Troyes dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion l'Aube, Troyes, Prancis, Minggu (29/8/2021) - Foto Ant

JAKARTA – AS Monaco, akhirnya bisa merasakan kemenangan di Liga Prancis musim ini, setelah meraih kemenanga pertama dengan menundukkan Troyes 2-1. Laga pekan keempat Liga Prancis tersebut berlangsung di Stadion l’Aube, Minggu (29/8/2021).

Ini menjadi raihan tiga poin perdana Monaco, sejak ditangani Niko Kovac. Hasil yang dapat mengobati sedikit kekecewaan, setelah mereka gagal menembus fase grup Liga Champions, gara-gara gol bunuh diri tengah pekan kemarin.

Ruben Aguilar, si pencetak gol bunuh diri yang membuat Monaco disingkirkan Shakhtar Donetsk, kembali mengalami nasib kurang beruntung, karena lagi-lagi mencetak gol bunuh diri. Gol bunuh diri Aguilar sempat membuat keunggulan yang dimiliki Monaco lewat gol Sofiane Diop hingga turun minum raib. Beruntung Diop, kembali menjebol gawang Troyes untuk merestorasi keunggulan Monaco, yang bertahan hingga bubaran.

Kemenangan pertama, membuat Monaco mentas dari dasar klasemen dan naik ke urutan ke-13 dengan 13 poin. Sembari menyerahkan posisi juru kunci kepada Troyes (1). Tampil menekan sejak awal, upaya Monaco lewat Aurelien Tchouameni masih membentur tiang gawang. Sedangkan sepakan kaki kiri, Wissam Ben Yedder, masih bisa diamankan kiper Gauthier Gallon.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-40, saat Monaco membuka keunggulan lewat serangan balik yang diakhiri tendangan dari tengah kotak penalti oleh Diop. Hasil dari menyelesaikan umpan, Ben Yedder. Troyes, nyaris membalas pada menit keempat babak kedua, sayang tembakan kaki kanan Giulian Biancone, hanya menghantam tiang gawang. Tuan rumah sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-51, saat Aguilar berebut bola udara dengan Yoann Salmier, mengantisipasi umpan tendangan bebas. Tetapi malah mengarahkan si kulit bundar ke dalam gawangnya sendiri.

Beruntung bagi Monaco, Diop mencetak gol keduanya di tujuh menit kemudian, saat tenang mengkonversi umpan terobosan dari Youssouf Fofana, demi merestorasi keunggulan atas Troyes. Dan Troyes nyaris membalas lagi, kala Mama Balde melepaskan tembakan spekulasi jarak jauh. Tetapi mistar gawang menggagalkan peluang tersebut.

Tuan rumah terus membombardir pertahanan Monaco, yang cukup kewalahan tapi berhasil menjaga skor 2-1 tetap bertahan hingga bubaran. Selepas jeda internasional dua pekan ke depan, Monaco akan menjamu Marseille di Stadion Louis II dan Troyes bertandang ke Saint-Symphorien menghadapi Metz. (Ant)

 

Lihat juga...