Objek Wisata di Level 2 PPKM Jawa Tengah Mulai Dibuka

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Sejumlah obyek wisata di Jawa Tengah yang berada di wilayah level 2 sudah bisa beroperasi kembali, sementara untuk level 3 dapat melakukan uji coba, khususnya untuk wisata alam atau outdoor.

“Ya, syukur alhamdulillah, sudah ada sejumlah wilayah di Jateng yang masuk kategori level 2, sehingga penerapan PPKM bisa dilonggarkan termasuk di sektor wisata. Sementara, untuk kabupaten/kota yang masih level 3, bisa melakukan simulasi. Namun untuk yang masih level 4, jelas, semuanya obyek wisata harus ditutup terlebih dulu,” terang Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng Rachmadi, saat dihubungi, Selasa (31/8/2021).

Ditegaskan, kebijakan tersebut sesuai Instruksi Gubernur Jateng Nomor 10 Tahun 2021 tentang Implementasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease di Provinsi Jateng.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng Rachmadi, saat dihubungi, Selasa (31/8/2021). -Foto: Arixc Ardana

Sinoeng menjelaskan, simulasi tersebut akan menjadi momentum dalam mempersiapkan destinasi wisata. Simulasi tersebut lebih dikhususkan pada tempat-tempat wisata berkonsep alam, semisal desa wisata.

“Apalagi, saat ini masyarakat calon wisatawan cenderung mencari destinasi yang berkonsep alam atau outdoor, yang dinilai lebih minim penularan Covid-19,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, menjelaskan saat ini seiring dengan level 2 PKKM, seluruh obyek wisata di Kota Semarang sudah beroperasi kembali. Termasuk wisata alam atau outdoor, seperti Semarang Zoo, Goa Kreo, Lawang Sewu atau Taman Lele.

“Tentunya seluruh pengunjung yang berkunjung diharuskan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk memiliki aplikasi Pedulilindungi, sebagai syarat untuk bisa masuk ke lokasi wisata tersebut,” terangnya.

Ditegaskan, upaya tersebut menjadi cara untuk melindungi pengunjung dan pengelola obyek wisata dari paparan Covid-19.

Secara umum, untuk wilayah Jateng, saat ini hanya Kabupaten Purworejo dan Kota Magelang, yang masuk level 4 PPKM, sisanya sebanyak 33 kabupaten kota sudah turun level menjadi level 3 dan 2.

Lihat juga...