Omzet Kios Buah di Warung Cerdas Wanareja Terbantu Permintaan Bansos

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua bulan ini tak terlalu berdampak terhadap penjualan buah di Kios Surya Buah, yang menempati salah satu kios yang disewakan oleh Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap. Kios buah tersebut justru banyak mendapatkan order untuk buah bantuan sosial (bansos).

Pemilik Kios Buah Surya, Suryanto, mengatakan untuk penjualan buah di pasar-pasar tradisional memang mengalami penurunan selama PPKM. Namun, penurunan omzet penjualan di pasar-pasar tersebut tertutupi dengan adanya pemesanan buah untuk bansos.

“Untuk bansos sembako, biasanya dilengkapi dengan buah-buahan, dan buah tersebut saya yang menyuplai, jadi jumlahnya cukup banyak dan sangat menutup menurunnya penjualan buah di pasar tradisional,” jelasnya, Senin (30/8/2021).

Lebih lanjut Suryanto mengatakan, selama Agustus ini ia sudah mendapat pemesanan buah untuk bansos lebih dari 10 kali. Untuk satu kali pemesanan, minimal 2 ton dan yang terbanyak mencapai 18 ton dalam satu kali pemesanan.

Pemilik Kios Buah Surya, Suryanto di Cilacap, Senin (30/8/2021). (-Foto: Hermiana E. Effendi

“Pemesanan 2 ton itu sekitar satu mobil pick up penuh, kalau sampai 18 ton, biasa saya kirim menggunakan truk dan 3 truk untuk sekali kirim,” terangnya.

Pemesanan buah-buahan untuk bansos tersebut, kemudian dikirim ke berbagai tempat, seperti Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Kecamatan Dayeuh Luhur, Kota Banjar, hingga ke Pengandaran, Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat.

Untuk wilayah Jawa Barat, Suryanto mengaku hanya mengirim kepada distributor di Kota Banjar, selanjutnya mereka yang mengirim ke agen-agen.

Mengingat harus menyetok buah-buahan dalam jumlah banyak, selama PPKM ini kios buah milik Suryanto sekarang ini berubah menjadi gudang tempat penyimpanan buah.

“Banyak sekali stok buah yang harus diambil, sehingga kios sekarang menjadi gudang untuk sementara waktu, tidak ada lagi tempat untuk memajang buah-buahan,” tuturnya.

Pemesanan buah untuk bantuan sosial ini sudah berlangsung pascalebaran lalu. Dan, memasuki PPKM darurat kemarin jumlah pemesanan buah untuk bansos terus bertambah.

Suryanto sendiri sudah lama berjualan buah-buahan dan dua bulan sebelum puasa kemarin, ia mulai beralih berjualan kurma dengan menyewa salah satu kios di Warung Cerdas Wanareja. Kurma merupakan salah satu buah yang banyak dicari pembeli selama bulan Ramadan, sehingga ia menangkap peluang tersebut. Dan, setelah lebaran, ia kembali berjualan buah.

Azam, salah satu pelanggan kios buah Suryanto, mengatakan selama ini ia selalu mengambil stok barang dagangan dari Kios Surya Buah, sebab kualitasnya selalu bagus, sehingga tidak mengecewakan pembeli.

“Buah-buahan di kios buah Pak Suryanto ini kualitasnya terjamin, sehingga saya selalu mengambil dari sini,” ucapnya.

Lihat juga...