Pasarkan Produk, UMKM di Babel Didorong Manfaatkan Teknologi

PANGKALPINANG  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) memanfaatkan pemasaran berbasis digital karena lebih praktis, efisien dan aman untuk mengembangkan usaha di tengah pendemi COVID-19.

“Pendemi ini tantangan bagi UMKM untuk lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya,” kata Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel, Melati Erzaldi di Pangkalpinang, Selasa.

Dalam mendorong pelaku UMKM memanfaatkan marketing digital ini, Melati Erzaldi yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Babel ini selalu menyempatkan dirinya menyapa para pelaku UMKM melalui live instagram (IG) miliknya, untuk mengetahui kendala yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan dan memasarkan produk di tengah pendemi COVID-19.

“Saat ini, marketing digital merupakan sarana yang paling efektif untuk memasarkan produk di pasar global,” kata Melati.

Menurut dia dalam setiap live IG, dirinya juga tidak bosan-bosannya memberikan semangat dan mendorong masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk terus menjaga kesehatan dengan mengatur pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, berolah raga, dan mengatur istirahat yang cukup.

“Dengan menerapkan pola hidup sehat ini, saya yakin akan menambah imunitas dalam tubuh. Hal paling penting adalah harus berdisiplin menjalankan protokol kesehatan dalam seluruh aktivitas yang dijalani, agar pendemi ini segera berakhir,” katanya.

Melati juga sebagai Bunda Paud dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu mengakui pada awal masa pandemi memang membatasi bahkan menunda berbagai agenda.

Tetapi setelah mencari informasi tentang bagaimana karakteristik Covid-19, saat ini berani untuk beraktivitas lebih untuk mendorong UMKM, agar terus berkarya, berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

“Dalam kondisi sekarang ini yang penting disiplin lakukan prokes, agar tidak tertular virus corona ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...