Pelaku Usaha di Pekalongan Didorong Manfaatkan Pemasaran Digital

PEKALONGAN  – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, terus mendorong pada pelaku usaha atau wirausaha bisa memanfaatkan potensi pemasaran produk secara digital untuk sarana transaksi di tengah pandemi.

Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa pada masa pandemi COVID-19, para pelaku usaha dituntut bisa melakukan perubahan agar usahanya dapat tetap bertahan.

“Pelaku usaha harus bisa melakukan perubahan yang semula bertransaksi secara manual atau tatap langsung, kini harus bisa memaksimalkan platform pemasaran digital (digital marketing) untuk kelangsungan usahanya,” katanya.

Ia mengatakan apabila para pelaku usaha tidak memaksimalkan digital marketing melalui sosial media tentunya mereka hanya menunggu pelanggan atau pembeli saja sehingga jika tidak ada yang datang maka tidak ada yang beli produk.

“Oleh karena itu, saya menyambut positif adanya pelatihan digital marketing yang dilaksanakan hari ini (Selasa, red.) karena hal itu tak hanya akan membantu pelaku usaha namun perubahan teknologi niscaya akan menciptakan peluang baru yang berdampak pada munculnya lapangan kerja dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat,” katanya.

Pada pelatihan digital marketing tersebut diikuti oleh pelaku usaha seperti di bidang makanan, minuman, batik, dan kerajinan.

“Kami berharap semoga ilmu yang diberikan selama pelatihan selama 3 hari ini dapat dimanfaatkan dan diterapkan untuk usaha mereka. Ini salah satu ikhtiar dalam membantu mengembangkan UMKM di daerah,” katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan, pihaknya mendukung dengan adanya pelatihan digital marketing itu karena para pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi.

“Kami berpesan pada para wirausaha agar ilmu yang sudah diajarkan di pelatihan itu dapat langsung dipraktikkan agar usahanya makin berkembang. Sudah saatnya para pelaku usaha harus dapat menggunakan sistem pemasaran digital,” katanya. (Ant)

Lihat juga...