Pembukaan US Open, Tsitsipas Kalahkan Murray

JAKARTA – Unggulan ketiga asal Yunani Stefanos Tsitsipas mengalahkan juara Grand Slam tiga kali Andy Murray dalam lima set putaran pertama US Open di Arthur Ashe Stadium, New York, Senin waktu setempat atau Selasa WIB.

Tsitsipas mengalahkan bintang Inggris peringkat 112 itu dengan skor 2-6, 7-6 (9/7), 3-6, 6-3, 6-4 dalam suasana yang lebih mirip pertarungan sengit di pekan kedua daripada pembukaan untuk turnamen yang akan berlangsung selama dua pekan itu.

“Itu tidak mudah,” kata Tsitsipas. “Banyak pengorbanan yang harus saya lakukan di lapangan,” dikutip dari media.

Murray, juara Olimpiade dua kali, pemenang US Open 2012 dan juara Wimbledon 2013 dan 2016, kalah untuk pertama kalinya dalam 15 pertandingan pada babak pertama US Open, meskipun telah mendapat sorakan dari bangku penonton.

“Mendapatkan suasana elektrik di sini adalah sesuatu yang telah kami tunggu selama hampir satu tahun,” kata Tsitsipas.

Pada set pertama, Murray memimpin 4-1. Beberapa saat kemudian, dia melakukan servis untuk menutup set pertama dalam waktu 42 menit dengan skor 6-2.

Pada tie-break set kedua, Murray memimpin 5-3, tetapi tergelincir di net dan kehilangan poin. Namun, pada gim kedua set ketiga Murray bertahan dan berhasil menyelesaikan set tersebut.

Tsitsipas, yang kaki kirinya harus mendapatkan perawatan setelah set ketiga, unggul 5-0 saat merebut set keempat.

Tsitsipas, runner-up French Open tahun ini, meminta istirahat panjang sebelum set terakhir yang membuat Murray frustrasi, kehilangan break point pada gim pembuka.

Murray memaksakan break point pada gim keempat tetapi Tsitsipas menyelamatkannya dengan pukulan forehand dan bertahan untuk memimpin 3-1.

Tsitsipas berhasil mengakhiri upaya Murray setelah empat jam dan 49 menit, dan melaju ke pertandingan putaran kedua melawan Adrian Mannarino dari Prancis.

“Saya harap saya bisa menjaga permainan saya di level yang sama seperti yang saya miliki hari ini,” kata Tsitsipas. (Ant)

Lihat juga...