Pemda Sikka Lunasi Pembelian Tanah SMPN Nuba Arat

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Pemerintah Daerah (Pemda) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah melunasi pembayaran tanah untuk kepentingan sekolah negeri SMPN Nuba Arat di Desa Watuliwung, Kecamatan Kangae.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Sikka, Margaretha M.Da Maga saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Kamis (5/8/2021) membenarkan hal ini.

“Pembayaran ganti rugi tanah untuk sekolah sudah kami lunasi Selasa (27/7/2021) lalu sebesar Rp157,9 juta,” kata Femmy sapaannya.

Femmy menyebutkan, nilai total harga tanah sebesar Rp500 juta dan telah dibayar bertahap sejak tahun 2016 sampai tahun 2020 sejumlah Rp342 juta.

Ia jelaskan, pembayaran dilakukan secara bertahap sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 setelah sekolah tersebut didirikan dengan luas tanah 5.001 meter persegi.

Kepala Dinas DPKPP Kabupaten Sikka, Margaretha M.Da Maga saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Kamis (5/8/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dia berharap dengan adanya pelunasan pembayaran ini maka pembangunan sarana dan pra sarana sekolah tidak menjadi kendala lagi.

“Setelah penandatanganan pelunasan pembayaran kepada pemilik tanah maka aset tanah dan bangunan menjadi milik Pemda Sikka. Kita harapkan sekolah ini bisa dibangun sarana dan pra sarana yang lebih baik,” harapnya.

Femmy menyampaikan  kegiatan pembebasan lahan untuk pembangunan SMPN Nuba Arart tersebut dapat berjalan lancar berkat partisipasi dan koordinasi yang baik antar semua pihak.

Dia bersyukur panitia pembangunan, masyarakat, aparat desa dan kecamatan serta pemilik tanah semuanya bekerja keras mewujudkan tersedianya lembaga pendidikan di wilayah tersebut.

“Saya harapkan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah ini bisa berjalan dengan baik hingga melahirkan generasi muda yang berprestasi di kemudian hari,” ucapnya.

Sementara itu Camat Kangae, Y.E. Satriawan menyampaikan bahwa proses pembangunan SMPN Nuba Arat ini adalah bentuk perjuangan dari masyarakat guna membangun Kangae dari aspek pendidikan.

Satriawan juga menegaskan bahwa keberadaan SMPN Nuba Arat ini akan menjadi sekolah prioritas di tingkat SMP bagi anak-anak Kangae khususnya.

Lihat juga...