Pemkab Kulon Progo Optimis Target Vaksinasi 100 Persen Tercapai Oktober

YOGYAKARTA – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, optimis mampu mencapai target vaksinasi 100 persen dari total 342.720 sasaran pada akhir Oktober, karena vaksinasi mencapai 4.000-5.000 sasaran per hari.

“Vaksinasi di Kulon Progo yang ditargetkan Gubernur DIY pada Agustus ini diharapkan bisa mencapai 50 persen, September 75 persen dan Oktober 100 persen dari target sasaran. Saat ini, capaian vaksinasi di Kulon Progo sudah 47,46 persen,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, di Kulon Progo, Jumat (27/8/2021).

Ia mengatakan, vaksinasi dosis pertama di Kulon Progo mencapai 162.639 atau 47,46 persen dari sasaran yang ada, sedangkan capaian vaksinasi dosis ke dua mencapai 39.447 atau 11,51 persen, dan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan menggunakan vaksin moderna 609 orang atau 0,18 persen.

“Capaian terbanyak adalah tenaga kesehatan, sedangkan lansia baru 38,75 persen, petugas atau pelayan publik, masyarakat rentan serta disabilitas 21,70 persen, dan anak sekolah 18,82 persen,” katanya.

Baning mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kulon Progo dengan serbuan vaksinasi merupakan program kolaborasi antara Pemkab Kulon Progo, melalui Dinas Kesehatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan TNI dan Polri. Hal ini karena distribusi vaksin melalui Kementerian Kesehatan, Mabes TNI, dan Polri.

“Kesemuanya mendapat distribusi vaksin. Hari ini, kami masih bekerja sama dengan TNI yang memiliki 100 ribu dosis vaksin dan Polri dilaporkan menerima 25 ribu dosis untuk Kulon Progo,” katanya.

Selain dalam vaksin, lanjut Baning, Pemkab Kulon Progo juga kerja sama dengan TNI dan Polri dalam penebalan tenaga kesehatannya. Untuk percepatan vaksinasi dengan target 75 persen pada September, pihaknya dibantu tenaga kesehatan dari TNI, Polri, dan perguruan tinggi yang memiliki fakultas kesehatan, baik dokter dan keperawatan, organisasi kesehatan dan tenaga kesehatan di rumah sakit serta klinik yang dimobilisasi dalam pelaksanaan vaksinasi massal.

“Vaksinasi massal di Kulon Progo dimulai sejak 12 Agustus dan setiap hari memberikan vaksinasi dengan target 4.000-5.000 sasaran per hari, yang dilangsungkan di dua titik layanan. Kami masih menjadwalkan sampai vaksin yang ada bisa segera digunakan untuk masyarakat Kulon Progo,” katanya.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengingatkan pada warga yang sudah vaksin untuk dapat mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam serbuan vaksin yang dilaksanakan di 12 kecamatan di Kulon Progo.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang telah tervaksin untuk tetap menjaga diri serta taat protokol kesehatan.

“Vaksin tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, supaya dapat terhindar atau mengurangi risiko penularan Covid-19, namun jangan lupa setelah vaksin tetap menaati protokol kesehatan. Di mana pun kita berada tetap taati protokol kesehatan,” kata bupati. (Ant)

Lihat juga...