Penghasilan Sewa Gedung Futsal Wanareja Turun Drastis

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  darurat berdampak besar terhadap pemasukan persewaan gedung futsal Wanareja, Kabupaten Cilacap. Sebab, pemberlakuan jam malam menjadikan aktivitas di gedung futsal tersebut menurun dratis.

Pengelola Warung Cerdas Wanareja Cilacap, Sudaryanto, mengatakan selama PPKM darurat jam malam dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan biasanya gedung futsal baru ramai mulai jam tersebut.

“Biasanya anak-anak futsal mulai jam 20.00 WIB, tetapi sejak PPKM, kita harus menutup gedung futsal pukul 20.00 WIB, jadi pendapatan sangat berkurang,” katanya.

Akibat pembatasan jam malam, maka gedung futsal hanya beroperasi mulai siang hari sampai pukul 20.00 WIB. Padahal, pada siang hari hingga sore, sebagian besar penyewa gedung futsal masih berkutat dengan aktivitas mereka di luar.

Gedung futsal berukuran 37 x 18 meter tersebut berada tepat di sebelah barat Warung Cerdas Wanareja, dan merupakan salah satu usaha yang dikelola bersamaan dengan pembukaan Warung Cerdas.

Sebelum PPKM darurat, pendapatan dari persewaan gedung futsal dalam satu malam bisa mencapai kisaran Rp500.000. Namun setelah PPKM, pendapatan turun pada kisaran Rp100.000 hingga Rp200.000.

Pengelola Warung Cerdas Wanareja Cilacap, Sudaryanto di Cilacap, Selasa (31/8/2021).  -Foto: Hermiana E. Effendi

Akibat menurunnya pengunjung atau penyewa gedung futsal, karyawan di lapangan futsal tersebut dipindahkan ke Warung Cerdas. Sebelumnya ada dua orang karyawan di gedung futsal yang dipekerjakan secara shift, saat ini salah satu di antaranya dipindah ke Warung Cerdas.

“Kebetulan Warung Cerdas sedang ramai dan ada kenaikan omzet selama PPKM ini, sehingga karyawan di gedung futsal kita pindahkan ke Warung Cerdas untuk sementara waktu. Nanti jika jam operasional sudah normal kembali dan boleh sampai malam, kita tambahkan lagi pekerja di gedung futsal,” jelas Sudaryanto.

Salah satu karyawan di gedung futsal, Ega, mengatakan, dalam sehari penyewa gedung futsal hanya sekitar 2-3 kali permainan saja. Padaha,l biasanya sebelum PPKM darurat, mulai dari sore hingga menjelang tengah malam gedung futsal selalu ramai.

“Sangat berdampak sekali PPKM darurat ini, tempat futsal menjadi sepi dan pukul 20.00 WIB harus tutup. Padahal, biasanya lokasi futsal justru ramai pada malam hari, selepas pukul 20.00 WIB. Sebenarnya banyak juga pelanggan yang datang setelah pukul 20.00 WIB untuk main futsal, namun karena kita harus menaati aturan jam malam, maka kita tolak dan kita sarankan untuk datang besok sore,” ucapnya.

Lihat juga...