Pinjam-Bayar Angsuran di Koperasi Pesantunan Bisa Lewat ‘HP’

Editor: Koko Triarko

BREBES – Pemanfaatan teknologi digital unit usaha Modal Kita Koperasi Berkah Damandiri di Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, diharapkan tidak saja mampu memberikan kemudahan serta manfaat bagi pihak pengelola saja.

Namun juga dapat memudahkan seluruh anggota koperasi dalam mengakses layanan simpan pinjam Modal Kita. Baik itu saat proses pengajuan pinjaman, pencarian dana maupun pembayaran angsuran setiap bulan.

“Dengan sistem baru ini, nanti semua proses bisa dilakukan dengan sistem berbasis android. Jadi, anggota tidak perlu lagi datang ke koperasi untuk melakukan pencairan dana atau membayar angsuran. Semua bisa dilakukan lewat aplikasi HP,” ungkap Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Dijelaskan Slamet, setelah sistem baru ini berjalan secara penuh, nantinya seluruh transaksi unit usaha Modal Kita ditargetkan akan bisa berjalan secara cashless, sehingga lebih praktis dan aman. Bahkan, dengan sistem baru ini model layanan keuangan koperasi bisa berjalan layaknya sebuah bank pada umumnya. Yakni, dengan fasilitas ATM bersama.

“Untuk sementara memang penerapannya masih untuk lingkup pengelola koperasi saja. Namun ke depan jika sudah berjalan secara penuh, manfaatnya akan juga bisa dirasakan seluruh anggota,” bebernya.

Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan, akan segera memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan unit usaha simpan pinjam Modal Kita.

Teknologi berupa sistem laporan keuangan digital ini diharapkan akan lebih mempermudah kerja pengelola koperasi, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh nasabah maupun anggota.

Pihak Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan saat ini telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, baik itu Koperasi Sekunder Bangun Sejahtera Mandiri (KBSM) selaku holding Yayasan Damandiri di bidang keuangan, maupun dengan salah satu operator lokal terkait rencana penerapan teknologi berbasis online ini.

Adapun penerapan sistem berbasis online dilakukan sesuai arahan Yayasan Damandiri, melalui Koperasi Sekunder Bangun Sejahtera Mandiri, yang menginginkan seluruh laporan keuangan koperasi di setiap Desa Cerdas Mandiri Lestari yang ada di berbagai daerah, dapat terhubung dalam satu sistem.

Lihat juga...