PPKM, Pelanggar Ganjil-Genap di Jalan Sudirman Putar Balik

JAKARTA  – Petugas gabungan Polda Metro Jaya dan Satuan Polisi Pamong Praja di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan memutar balik ratusan kendaraan pelanggar aturan pelat kendaraan roda empat ganjil-genap selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Perwira Unit Gatur Polda Metro Jaya Inspektur Polisi Satu (Iptu) Eko Mulwanto di Jakarta, Jumat, mengatakan sedikitnya ada 100 mobil yang tidak diizinkan memasuki wilayah tersebut.

“Dari pukul 06.00 WIB, jumlah yang kami keluarkan tadi hingga 100 lebih. Kecuali insidental. Artinya ada yang sakit, ‘urgent’ (mendesak) harus ke rumah sakit,” kata Eko Mulwanto di lokasi penertiban.

Eko menuturkan bahwa masih banyak pengendara roda empat yang belum mengetahui aturan penerapan ganjil-genap sehingga ngotot untuk memasuki areal jalan.

Karena itu, sosialisasi informasi penerapan aturan tersebut akan terus digencarkan agar masyarakat Ibu Kota mengetahuinya sehingga dapat mengurangi mobilitas.

“Yang kami keluarkan alasannya karena ada yang lupa nomor kendaraannya dan ada yang tidak tahu. Alasannya awalnya macam-macam, alasan tidak tahu, alasan ada kepentingan mendadak dan lain sebagainya,” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan bahwa pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kebijakan pengaturan kendaraan roda empat berdasarkan pelat nomor ganjil-genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.

“Kami mohon maaf atas aturan ganjil-genap, jika mungkin kurang sosialisasi. Karena itu, akan kami terus lakukan baik itu di media sosial atau Dishub,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Pondok Kelapa.

Lihat juga...