Saber Pungli Jabar Menemukan Dugaan Pemalsuan Kualitas Beras Program BPNT

Ilutsrasi. Beras cadangan pangan pemerintah Lebak Banten – Foto Ant

BANDUNG – Tim Sapu Bersih Pungut Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat (Jabar), menemukan adanya dugaan pemalsuan kualitas beras, terkait program BNPT. Temuan tersebut didapatkan di sejumlah keagenan, yang ada di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Tim Tindak Saber Pungli Polda Jabar, AKBP Zul Azmi, membenarkan adanya temuan tersebut, Hal itu hasil dari investigasi ke lapangan dan saat ini masih terus didalami, mengenai dugaan adanya penyimpangan-penyimpangan program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Kabupaten Bandung Barat.

Diduga, CV TKJ (keagenan beras), hanya menjual karungnya saja yang sudah memiliki izin kemas dan izin edar dari Kementerian Pertanian. Sementara, beras yang diberikan bukan beras premium, sebagaimana yang tercantum di dalam karung. Beras yang diisikan hanyalah beras lokal. Tim Saber Pungli juga menemukan di wilayah tersebut, supplier mengirim komoditi yang buruk ke KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

“Untuk memastikan supaya program BPNT lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi. Jangan sampai ditemukan (korupsi) akibat banyaknya oknum yang bermain,” ujar Zul Azmi, Sabtu (7/8/2021).

Lihat juga...