Silakas Mempermudah Layanan Dokumen Kependudukan di Tanah Laut 

Warga mendatangani layanan dokumen kependudukan dari DInas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanah Laut, Kalsel - Foto Ant
PELAIHARI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel), mempermudah warga mendapatkan layanan dokumen kependudukan melalui Sistem Informasi Layanan Online Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (SILAKAS).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Laut, Norhayati mengatakan, warga yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan, tinggal mendaftarkan secara online, tanpa harus mengantre di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Laut. Setelah mendaftar secara online, selanjutnya warga akan diberikan jadwal waktu pengambilan dokumen yang dibutuhkan di kantor sisdukcapil, sehingga tidak terjadi antrean.

Menurutnya, khusus untuk pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran, KIA, sepanjang tidak ada gangguan teknis dan syarat permohonannya lengkap, maka dokumen bisa diselesaikan dalam satu hari. “Warga juga bisa mengambil di kantor kecamatan terdekat, ataupun dikirim lewat kantor pos dengan biaya sesuai pilihan di aplikasi,” kata Norhayati, Senin (23/8/2021).

Norhayati menyebut, disdukcapil berkomitmen memberikan pelayanan satu hari selesai. “Tetapi untuk penerbitan KTP-el, yang memerlukan perekaman, bisa sampai satu minggu, menyesuaikan urutan antrean dan pengecekan berdasarkan data pusat, agar tidak ada data duplikat,” kata Norhayati.

Dengan kemudahan tersebut, dia mengajak seluruh masyarakat Tanah Laut, untuk tertib dokumen kependudukan. Selain itu, masyarakat diminta tidak tidak menggunakan calo dalam pengurusan dokumen kependudukan. “Mengurus dokumen kependudukan itu mudah, jangan sampai masih ada yang tidak punya dokumen kependudukan,” tegasnya.

Selain di Disdukcapil Tanah Laut, pengurusan dokumen kependudukan dapat dilakukan di setiap Kantor Kecamatan se-Kabupaten Tanah Laut. Begitu juga untuk perekaman pembuatan KTP-el, juga dapat dilakukan di Kantor Kecamatan Pelaihari, Kecamatan Bajuin, Tambang Ulang, Bati-Bati, Kurau, Panyipatan, Jorong dan Kintap.

Meskipun pelayanan pengurusan dokumen kependudukan ditekankan melalui layanan online, karena sedang PPKM, Disdukcapil Tanah Laut tetap masih membuka pelayanan secara offline. dengan protokol kesehatan ketat. Bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone atau akses ke aplikasi atau chat Whatsapp, dapat memanfaatkan layanan secara offline tersebut. (Ant)

 

Lihat juga...