Suntikan Pertama Vaksinasi COVID-19 di Tangerang Baru Mencapai 16 Persen

Warga antre menjalani pemeriksaan sebelum mendapat suntikan vaksin COVID-19 dalam pelayanan vaksinasi yang digelar pemerintah daerah dan kepolisian di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten - Foto Ant
TANGERANG – Warga Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, yang sudah mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19, saat ini baru mencapai sebanyak 358.316 orang. Sementara target yang menjadi sasaran vaksinasi, untuk mencapai herd imunity adalah dua juta orang.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang ,Hendra Tarmizi, jumlah warga yang sudah mendapat suntikan pertama vaksin COVID-19 baru sekira 16 persen, dari dua jutaan orang yang menjadi sasaran vaksinasi.
Sedangkan jumlah warga, yang sudah selesai menjalani vaksinasi atau sudah dua kali mendapat suntikan vaksin COVID-19, tercatat mencapai 163.371 orang, atau baru sekitar delapan persen. “Penyuntikan tahapan kedua kita masih terus berjalan,” kata Hendra, Rabu (4/8/2021).

Vaksinasi, sudah dilakukan pada warga dalam kelompok sumber daya manusia bidang kesehatan, pekerja sektor pelayanan publik, warga lanjut usia, dan masyarakat umum. “Untuk sasaran kelompok remaja, hingga sekarang pemberian vaksin tahap pertama baru mencapai 7.691 orang, tahap keduanya masih belum dilakukan,” jelasnya.

Vaksinasi COVID-19, ditargetkan sudah mencakup seluruh warga yang menjadi sasaran vaksinasi pada akhir 2021. Vaksinasi hanya salah satu bagian dalam upaya penanggulangan COVID-19. Warga yang sudah menjalani vaksinasi, harus tetap menjalankan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas) agar terhindar dari penularan virus corona. “Dengan begitu, pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung, diharapkan akan segera usai dan masyarakat nantinya dapat kembali berkegiatan normal,” pungkas Hendra. (Ant)

Lihat juga...