Terjaganya Lingkungan Pantai Landangan Situbondo Jadi Berkah

Editor: Koko Triarko

SITUBONDO – Terpeliharanya dengan baik lingkungan pantai, menjadikan ekosistem berkembang dengan baik dan mendukug perkembangan kerang laut, yang banyak dijumpai di pantai Landangan, Situbondo, Jawa Timur.

Haryono, warga Desa Landangan, mengatakan kerang menjadi bahan pangan bagi masyarakat setempat sehingga meminimalisir pengeluaran biaya lauk.

“Setiap hari, warga sekitar antusias memburu kerang pada saat air laut mengalami surut. Dengan mudah, banyak kerang yang bisa didapatkan di pinggir pantai,” ujar Haryono, di Desa Landangan, Rabu (25/8/2021).

Yono, panggilan akrabnya, mengatakan ketersediaan kerang menjadi bukti masih terjaganya ekosistem laut dengan baik. “Memang, di sini masih menjadi lokasi pantai yang jarang disentuh orang. Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari kota, namun hanya perlu memasuki permukiman warga,” ungkapnya.

Kerang laut hasil tangkapan anak pesisir pantai desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Rabu (25/8/2021). –Foto: Iwan Feriyanto

Menurut Yono, masyarakat yang hidup di sekitar pantai memiliki kesadaran besar untuk menjaga pantai tetap bersih.

“Saling menjaga itu penting, karena alam menjadi tempat kita untuk mendapatkan mata pencaharian. Salah satunya, kerang ini, sebab kerang menjadi buruan warga yang dimanfaatkan sebagai lauk pauk. Tentunya, kita bisa mengurangi pengeluaran dengan memanfaatkan kerang yang banyak tersedia di sini,” jelasnya.

Yono menambahkan, hasil tangkapan kerang selain dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi, juga dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan dari kulit kerang.

“Isi kerang dan kulit kerang sama-sama bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup kita,” tandasnya.

Terpisah, Rukmi, warga sekitar, mengatakan dirinya rutin mencari kerang setiap hari untuk dijadikan bahan olahan makanan yang disajikan bersama keluarga.

“Saat sore itu air lautnya pasang sampai maghrib. Pada saat air surut, kerang banyak dijumpai di pinggir pantai. Sehingga, saat sore hari warga di sini banyak yang mencari kerang,” ucapnya.

Lihat juga...