TNI AL Beri Layanan Kesehatan Gratis ke Warga Terdampak Banjir Sigi

SIGI, SULAWESI TENGAH — Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memberikan layanan kesehatan secara gratis kepada warga terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

“Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu membantu pengobatan dan memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga yang terdampak banjir bandang,” ucap Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting di Sigi, Senin.

Banjir bandang disertai material lumpur dan kayu menimpa Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Sigi, pada Minggu (29/8) malam.

Pangkalan TNI AL Palu mendirikan satu posko kesehatan di daerah terdampak banjir bandang di Desa Rogo, untuk memberikan layanan kesehatan, sebagai bentuk upaya meringankan beban warga yang terdampak bencana alam di desa tersebut.

Pihaknya bersama Korem 132/Tadulako, kodim dan Pemerintah Desa Rogo membangun posko layanan kesehatan, yang disertai dengan penyediaan obat-obatan.

“Ada berbagai macam obat, di antaranya obat batuk, diare dan sebagainya. Obat yang kami bawa jumlah tiga boks,” kata Marthin Luther Ginting.

Pangkalan TNI AL Palu juga menurunkan 12 tenaga kesehatan dan satu dokter umum dari internal TNI AL Palu, untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga.

Pantauan di posko kesehatan TNI AL Palu di Desa Rogo, warga yang terdampak banjir bandang secara bergantian memeriksakan diri di posko tersebut. Mereka dilayani secara gratis oleh tenaga medis TNI AL Palu.

Hingga saat ini, berdasarkan data posko layanan kesehatan TNI AL Palu, terdapat 35 warga Desa Rogo yang telah mendapat pelayanan kesehatan oleh tenaga medis TNI AL Palu.

Di lokasi terdampak banjir bandang di desa itu, TNI AL Palu juga membagikan alat pelindung diri (APD) berupa masker kepada warga.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” ungkapnya.   [Ant]

Lihat juga...