TNI Perbaiki Saluran Pipa Air Bersih di Perbatasan Jayapura

SKOUW  – Personel TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Kotis membantu memperbaiki pipa sumber air bersih untuk warga perbatasan di bukit Bougenville Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Komandan Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs, Letkol Inf Muhammad Erfani, dalam keterangan, Kamis, mengakui, sudah lebih satu minggu warga perbatasan Skouw mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dikarenakan putusnya aliran pipa dari sumber mata air di bukit Bougenville ke pemukiman warga akibat tanah longsor.

Dikatakan Dansatgas, untuk mengatasi masalah sumber air maka prajurit Satgas Yonif 131/Brs bersama warga bekerjasama memperbaiki pipa-pipa yang patah dan rusak.

“Dengan perbaikan ini diharapkan sumber air bisa berfungsi kembali mengalirkan air dari bukit ke rumah-rumah warga,” jelas Dansatgas.

Di sela kegiatan kerja perbaikan saluran air, Danki Markas Kapten Inf Zainal Arifin mengatakan, personel Pos Kotis bersama-sama dengan warga bergotong royong memperbaiki kerusakan pipa-pipa yang putus akibat tanah longsor.

Dikatakan Danki Kapten Zainal, kerusakan pipa-pipa air disebabkan curah hujan yang tinggi dan kontur tanah yang mengakibatkan tanah mudah longsor sehingga pipa-pipa air tersebut putus.

“Sebagian pipa besi sudah kami sambung kembali dengan menyambungnya. Namun sebagian pipa harus kami ganti karena jatuh ke dasar lembah sehingga rusak dan tidak bisa digunakan lagi,” jelas Danki Markas.

Diakui Danki, hingga sekarang pipa air sudah diperbaiki seperti semula dan warga kini sudah bisa menikmati kembali air bersih untuk kebutuhan warga keseharian. (Ant)

Lihat juga...