Wisata Tirta Husada Sumur Putri Bandar Lampung

Editor: Koko Triarko

Sopian bilang, lokasi tersebut memiliki dua bilik untuk tempat ganti baju. Namun karena termakan usia, fasilitas tersebut rusak. Bagi dirinya dan sebagian warga yang ingin mandi, sebaiknya memakai “telesan” atau kain untuk basahan. Mandi dengan tetap memakai baju, jarik dan sarung kerap dilakukan. Mandi saat pagi dengan air hangat berkhasiat untuk kesehatan. Belasan tahun silam saat ia muda, air masih cukup panas, bahkan bisa untuk merebus telur.

Meski kini air sumur putri terasa hangat, sebagian warga masih menjadikannnya untuk mandi. Air yang jernih meski dinding sumur ditumbuhi lumut, membuat warga harus tetap menyaringnya.

Terkait khasiat dan manfaat air Sumur Putri, Sopian menyebut tergantung keyakinan masing-masing. Namun yang pasti, ia mengaku kehangatan air Sumur Putri cocok untuk mandi.

“Selama pandemi, saya kerap membawa perasan rebusan serai, jahe, lalu dibawa ke sini memakai ember dan mandi dari air sumur,” ulasnya.

Pengunjung Sumur Putri dari Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Sudirin, mengaku setiap hari mandi di sumur itu. Bekerja di salah satu proyek konstruksi, ia mengaku air yang hangat tepat digunakan untuk mandi kala pagi dan sore hari. Meyakini khasiat air hangat yang bisa menyembuhkan penyakit, ia bahkan membawakan beberapa botol untuk kerabatnya.

Sudirin bilang, jernihnya air dan hangat tanpa aroma belerang. Normalnya, air hangat kerap muncul dengan belerang muncul dari kaki Gunung. Namun kehangatan air sumur putri seperti air pada umumnya. Selain unik untuk dikunjungi, ia mengaku bisa bersantai di sekitar lokasi yang dikelola Dinas Pariwisata kota Bandar Lampung itu.

Lihat juga...