Wisma Atlet JSC Palembang Masih Merawat 25 Pasien COVID-19

Lampu kamar di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan menyala - foto Dok Ant

SUMATERA SELATAN – Sebanyak 25 orang pasien COVID-19, masih menjalani perawatan di rumah sehat Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan.

PIC rumah sehat Wisma Atlet JSC, M Bukhori mengatakan, mereka merupakan pasien bergejala ringan dan tidak bergejala. Masing-masing sembilan orang pasien dirawat di gedung (Tower) delapan dan 16 orang pasien dirawat di Tower tujuh. “Tidak ada penambahan pasien semua adalah pasien lama,” jelasnya, Minggu (29/8/2021).

Keterisian ruang perawatan oleh pasien COVID-19 di Wisma Atlet saat ini terus mengalami pengurangan. Hal itu diyakini sebagai dampak dari penurunan angkat konfirmasi positif COVID-19 di Sumatera Selatan. Selain tidak ada penambahan pasien baru selama satu pekan terakhir, ada enam orang pasien yang dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan kerumahnya. Masing- masing lima orang dari Tower depalan dan satu orang dari Tower tujuh. “Setelah dirawat rata-rata satu pekan, mereka sudah dinyatakan sehat oleh tenaga kesehatan dan boleh pulang,” jelasnya.

Secara keseluruhan pasien COVID-19 yang dirawat dirumah sehat Wisma Atlet JSC tercatat ada 593 orang. Masing-masing 457 orang pasien di tower delapan terdiri dari 277 laki-laki, 180 perempuan, 426 dewasa, 31 anak-anak. Sementara yang dinyatakan sudah sembuh ada 418 orang.

Di tower tujuh, ada 214 pasien, yang terdiri dari 153 laki-laki, 61 perempuan, 207 dewasa, 7 anak-anak. Dan yang dinyatakan sembuh sudah ada 185 orang pasien COVID-19. “Sedikitnya dari jumlah tersebut ada 29 pasien dirujuk, dengan begitu tempat tidur kosong ada 171 dari jumlah kapasitas 200 tempat tidur untuk dua tower,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nurainy mengatakan, kondisi penyebaran COVID-19 sedang mengalami tren positif. Kasus konfirmasi aktif COVID-19 dalam perawatan berkurang 505 kasus, dari 4.426 menjadi 3.921, dalam tiga hari terakhir. “Tapi, meskipun demikian, masyarakat harus tetap waspada dan menaati protokol kesehatan,” jelasnya.

Diimbau, warga yang terkonfirmasi positef COVID-19 untuk dapat melakukan isolasi terpusat ditempat yang sudah disediakan, seperti Wisma Atlet. Hal tersebut lebih baik, ketimbang melakukan isolasi mandiri di rumah atau bahkan tidak sama sekali. “Dengan isolasi terpusat, kesehatan lebih terjamin dan tidak menularkan penyakitnya ke orang lain,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...