Yoga Ibu dan Anak, Kurangi Depresi di Masa Pandemi

JAKARTA  – Latihan yoga bersama anak dianggap menjadi solusi untuk menumbuhkan rasa dan pikiran yang tenang di masa pandemi dan meningkatkan hubungan.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap kesehatan mental orangtua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak. Berdasarkan studi Cameron (2021), sekitar 48 persen ibu dengan anak usia dini mengalami depresi di masa pandemi.

Kemudian didukung oleh survei lanjutan yang dilakukan tim Tentang Anak dengan 1.000 responden Ibu di Indonesia, sebesar 45,5 persen mengalami kecemasan tingkat sedang dan berat.

Data tersebut membuat Tentang Anak, sebuah wadah edukasi tumbuh kembang dan kesehatan anak membuat latihan Yoga untuk ibu dan anak yang berusia di atas 2 tahun.

Latihan yoga bersama anak bertujuan untuk menumbuhkan rasa dan pikiran yang tenang di masa pandemi. Selain itu, latihan yoga bersama anak di usia dini meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan anak untuk saling menyayangi sehingga proses pendampingan tumbuh kembang anak lebih optimal.

Kemudian menurut studi yang dilakukan Isfaizah, dkk (2020) yoga bersama anak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa Pandemi.

“Kami menyelenggarakan movement ini dengan pemikiran dan perencanaan yang matang baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental ibu dan anak, tentunya dipandu oleh ahlinya,” ujar dr. Mesty Ariotedjo, Sp. A mewakili Tentang Anak dalam keterangan resminya pada Jumat.

Berdasarkan studi Azhari et al. (2019), peningkatan stres dapat menurunkan sinkroni otak antara ibu dan anak, sehingga berdampak pada pola pengasuhan negatif dan tidak responsif terhadap kebutuhan si kecil.

Latihan yoga ibu dan anak ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara bagi orangtua dan anak untuk semakin dekat, dengan cara menjadikan yoga sebagai salah satu aktivitas fisik ringan yang dapat dilakukan rutin, misalnya saat bangun tidur, sehingga orangtua dan anak memiliki waktu berkualitas bersama yang konsisten setiap harinya.

American Academy of Pediatrics juga memaparkan bahwa selain memperkuat hubungan orang tua dan anak, yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat anak lebih menghargai dirinya sendiri.

“Kami ingin menunjukkan betapa pentingnya kesehatan dan kesiapan mental Ibu demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak walau harus di rumah saja. Karena jika ibu tenang, maka keluarga pun akan merasakannya, begitu juga sebaliknya,” kata dr. Mesty.

Tentang Anak akan mengadakan latihan yoga ibu dan anak pada 8 Agustus 2021 secara gratis. Latihan ini dipandu oleh guru yoga Azani Fitria dan juga dihadiri Ayu Dewi beserta anak-anaknya. (Ant)

Lihat juga...