112 Remaja di Temanggung Ikuti Pelatihan Keterampilan

TEMANGGUNG – Sebanyak 112 remaja mengikuti pelatihan keterampilan untuk meningkatkan produktivitas berbasis kompetensi di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala Disperinaker Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono di Temanggung, Senin, mengatakan pelatihan ini untuk memberikan bekal keterampilan sesuai bakat dan minat peserta pelatihan guna dapat mengembangkan potensi diri.

Pelatihan ini juga untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan berkompetensi dalam menghadapi persaingan pekerja yang semakin kompetitif.

Selain itu, Agus menambahkan kegiatan ini juga untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan mampu berwirausaha secara mandiri.

Ia menyebutkan jenis pelatihan yang diselenggarakan meliputi menjahit, pembuatan roti dan kue, juru gambar arsitektur, otomotif sepeda motor, tata kecantikan kulit dan rambut, dan bahasa Inggris.

Dalam satu kelas pelatihan terdiri atas 16 orang. Sebelum pelaksanaan pelatihan peserta harus melakukan tes usap antigen.

“Selama pelatihan peserta harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Agus menuturkan waktu pelatihan berlangsung selama 30 hari kerja mulai 13 September hingga 25 Oktober 2021. Setiap pelatihan/pembelajaran tatap muka berlangsung 4 jam per hari.

Ia mengatakan pelatihan keterampilan ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Temanggung tahun 2021 senilai Rp450 juta.

“Pada tahun ini kami menyelenggarakan tiga kali pelatihan, sebelumnya telah diselenggarakan dua kali pelatihan dengan dana APBN senilai Rp300 juta,” katanya. (Ant)

Lihat juga...