28 Ton Sampah Diangkut dari Bendung Cikarang Bekasi Laut

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Puluhan ton sampah yang memenuhi Bendung Cikarang Bekasi Laut (CBL) di Desa Sukajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berhasil diangkut, bersamaan dengan program normalisasi Kali Cikarang Hilir yang saat ini telah dimulai.

Sampah tersebut terdiri dari sampah rumah tangga, seperti stereofoam, sampah plastik, bekas spring bed, hingga bekas papan bunga. Pengangkatan sampah dilakukan oleh Amphibi milik PJT, sekaligus melakukan normalisasi di wilayah hulu Kali Cikarang Hilir.

“Ada 7 truk sampah hari ini terangkat dari Bendung CBL, satu truk kapasitasnya mencapai 4 ton. Artinya, ada 28 ton sampah terangkut. Tapi yang membuat miris, saat sore tadi sampah kembali datang dari hulu memenuhi bendung CBL,” kata Mang Oye, Relawan Lingkungan Hidup dari KPA Ranting, Rabu (1/9/2021).

Mang Oye, pembina KPA Ranting yang selama ini konsen soal lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Bekasi, Rabu (1/9/2021). –Foto: M Amin

Dikatakan, bendung CBL setiap waktu selalu dipenuhi sampah, meskipun ada petugas yang melakukan pembersihan setiap hari dengan cara manual. Perlu kerja keras lagi untuk memberi pemahaman masyarakat di hulu Kali Cikarang tersebut.

Menurutnya, relawan yang terus membersihkan Bendung CBL tersebut sudah bosan melihat fenomena itu. Karena apa yang terjadi itu bukan hal baru dan terus terjadi, sampah rumah tangga menumpuk di Bendung CBL sampai sekarang belum ada solusi.

“Berbagai cara telah dilakukan, saat ini pemerintah sudah turun melakukan normalisasi Kali Cikarang Hilir, harusnya diikuti dengan masyarakat lebih sadar, agar tidak membuang sampah sembarangan di kali,” tegasnya.

Tugas menjaga kebersihan bukan tugas pemerintah, tetapi semua lapisan masyarakat memiliki peran yang sama untuk menjaga lingkungan di sekitarnya masing. Diakuinya, relawan setiap titik untuk menjaga badan kali sudah dibentuk, tapi tidak mungkin setiap waktu melototi kali.

“Jangan lagi menyalahkan pemerintah ke depan, jika sampai terjadi banjir. Upaya pemerintah dengan Pj Bupati Bekasi yang juga sebagai Kepala BPBD Jabar, sepertinya cukup konsen membenahi masalah lingkungan. Apalagi, dikatakan musim hujan tahun ini akan datang lebih awal,” tukasnya.

Sofyan, Kepala UPTD LH Wilayah 2, Kabupaten Bekasi, membenarkan ada 7 truk sampah berhasil diangkut dari Bendung CBL hingga pukul 15.30 WIB tadi. Tapi, dapat dipastikan sampah besok akan menumpuk lagi di Bendung CBL itu.

“Normlaisasi Kali Cikarang Hilir dari hulu ini adalah jawaban agar memperlancar saluran irigasi di wilayah Utara Kabupaten Bekasi. Harapannya, tentu masyarakat lebih sadar untuk tidak membuang sampah di Kali. Karena dampaknya kepada orang banyak seperti banjir dan lainnya,” papar Yopi, sapaan akrabnya.

Diakuinya, tumpukan sampah dibendung CBL adalah kiriman dari hulu. Hal tersebut tentu membutuhkan kesadaran kolektif, sehingga Kali bisa terjaga. Karena percuma, meski pemerintah melakukan perbaikan tetapi budaya masyarakat membuang sampah sembarang tidak berubah, maka tidak akan selesai.

Lihat juga...