3.744 Hewan Peliharaan Warga Jakbar Sudah Vaksin Antirabies

JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat sejak Januari hingga Agustus 2021, telah memvaksin antirabies 3.744 hewan peliharaan warga. Hewan yang divaksin anti rabies oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (Sudin KPK) Jakarta Barat itu terdiri atas beberapa jenis, yakni anjing, kucing, kera dan musang.

“Hingga Agustus 2021, sebanyak 3.744 ekor binatang terdiri atas 754 ekor anjing, 2.952 ekor kucing, 22 ekor kera dan 16 ekor musang,” kata Kasudin KPKP Jakarta Barat (Jakbar) Iwan Indriyanto di Jakarta, Senin (6/9/2021).

Iwan mengatakan, program vaksin antirabies ini dilaksanakan agar wilayah DKI khususnya, Jakarta Barat, meraih predikat bebas rabies. Pihaknya akan terus menggelar vaksinasi massal untuk seluruh hewan.

Warga yang ingin menyuntik vaksin antirabies bintang peliharaannya bisa langsung menghubungi pihak kelurahan untuk mengetahui jadwal penyuntikan vaksin.

Selain itu, Iwan juga memastikan jadwal penyuntikan vaksin rabies kepada hewan bisa dipantau langsung di laman Instagram @sudin_kpkpjb.

Namun sebelum mendaftar untuk vaksinasi, Iwan mengimbau warga untuk memamerkan kesehatan hewan terlebih dahulu. Hal itu karena hewan yang ingin divaksin harus melewati beberapa syarat. “Yang paling utama itu tidak boleh sedang hamil dan hewan tidak boleh sakit,” kata Iwan.

Selain itu, hewan yang akan divaksinasi juga dianjurkan berusia di atas satu tahun.

Dia berharap, program ini bisa berjalan baik sehingga seluruh hewan peliharaan di Jakarta Barat bebas dari penyakit rabies.

“Program ini akan terus berjalan demi Jakarta Barat bebas rabies,” kata Iwan. (Ant)

Lihat juga...