340 Balita di Bangka Terpapar Covid-19

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra -Ant

SUNGAILIAT – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 340 balita di daerah itu terpapar Covid-19.

“Terhitung sejak munculnya Covid-19 di Kabupaten Bangka sekitar hampir dua tahun, ada 340 balita atau anak usia satu sampai empat tahun yang diketahui positif Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, di Sungailiat, Rabu (1/9/2021).

Dia mengatakan, ratusan balita yang terpapar tersebut sudah termasuk penambahan lima balita positif Covid-19 hari ini, Rabu (1/9). Balita yang diketahui positif Covid-19 merupakan hasil dari penelusuran, pelacakan dan pengujian tim kesehatan.

“Penambahan lima balita yang positif Covid-19 hari ini masing-masing inisial Rj (3) laki-laki asal Kecamatan Merawang, Ef (1) perempuan asal Pemali’ Agb (1) laki-laki asal Sungailiat, Dtm (4) Sungailiat serta Da (1) asal Kecamatan Sungailiat,” jelas Boy Yandra.

Selain terdapat ratusan balita yang positif Covid-19, kata dia, terdata 38 bayi atau anak usia di bawah satu tahun yang terinfeksi kasus virus yang sama.

Sebaran Covid-19 pada kelompok usia bayi dan balita, kata Boy Yandra didominisi dari klaster keluarga atau orang terdekat yang terlebih dahulu terpapar Covid-19.

“Saya ingatkan seluruh orang tau yang memiliki bayi atau balita serta diketahui positif Covid-19, hendaknya segera dipisahkan untuk sementara waktu sampai kondisi kesehatan orang tuanya membaik,” ujarnya.

Ratusan balita dan puluhan bayi yang positif Covid-19, kata dia, sebagian sudah dinyatakan sembuh serta sejumlah lainnya masih menjalani proses pemulihan kesehatan, baik di rumah sakit maupun di balai isolasi dan karantina. (Ant)

Lihat juga...