40 UKM Kuliner Meriahkan Festival Senggigi

LOMBOK BARAT – Sebanyak 40 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) kuliner mengikuti lomba memasak sebagai rangkaian Festival Pesona Senggigi yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dalam rangka menyambut World Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

“Acara tersebut adalah salah satu acara pembuka untuk keseluruhan event di Senggigi, hari ini kita berusaha untuk menyajikan ternyata kuliner adalah salah satu menjadi khazanah kepariwisataan kita yang layak untuk kita tonjolkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam, di kawasan wisata kuliner Pantai Tanjung Bisa, Kabupaten Lombok Barat, Kamis.

Tidak hanya soal masakan, kata dia, event yang menjadi pembuka rangkaian Festival Pesona Senggigi 2021, juga bertujuan memotivasi para pelaku usaha untuk berbenah dari segi kebersihan, penerapan protokol kesehatan hingga dekorasi lapak masing-masing.

Akhkam berharap aspek promosi kepariwisataan dari lomba tersebut dapat memberikan dorongan positif bagi para pelaku usaha pariwisata yang ada di kawasan wisata kuliner Pantai Tanjung Bias.

“Untuk memotivasi pelaku UMKM, kami mendatangkan tim penilai lomba dari Indonesian Chef Association (ICA) NTB,” ujarnya.

Hari Sutawan, pemilik Kedai Umat, salah satu peserta lomba memasak, mengaku dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya bisa mempromosikan lapak jualannya, hingga bisa lebih dikenal masyarakat.

“Dengan lomba ini, kami juga bisa bersatu dengan teman-teman lain untuk menujukkan cita rasa kuliner di Tanjung Bias kepada semua orang,” tutur Hari yang menghidangkan seafood gado-gado dengan isi kecombrang dicampur cumi.

Hal senada dikatakan Lulu Handiyatni. Pemilik Kedai Lurry yang juga menjadi peserta lomba merasa sangat puas sekali dengan kegiatan event yang diselenggarakan Dinas Pariwisatga Kabupaten Lombok Barat, karena akan membuat kawasan wisata kuliner di Pantai Tanjung Bias semakin terkenal.

“Kami sangat puas sekali karna sangat berpengaruh pasca PPKM. Dengan adanya event ini, mudahan akan semakin banyak wisatawan berkunjung,” ucap Lulu. (Ant)

Lihat juga...