46 Penyandang Disabilatas di Duren Jaya, Bekasi Timur Dapat Bantuan Kemensos

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Sebanyak 46 penyandang disabilitas di wilayah Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa program atensi disabilitas dari Balai Melati.

Mereka terlihat sumringah hadir untuk menerima bantuan atensi dari Kemensos dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mereka yang hadir adalah benar-benar membutuhkan bantuan pemerintah di tengah sulitnya ekonomi akibat pandemi.

“Tahap awal untuk wilayah Kota Bekasi, dimulai dari Bekasi Timur, tepatnya di Kelurahan Duren Jaya. Ini bentuk kehadiran negara di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Romal Uli Jaya Sinaga, Kepala Balai Melati Kemensos RI usai memberikan bantuan, Rabu (8/9/2021).

Dikatakan, kondisi penyandang disabilitas saat ini sangat rentan sehingga menjadi prioritas untuk mendapatkan bantuan agar mendapatkan sedikit kelegaan. Ke depan jelasnya, kawan disabilitas akan mendapat asesmen lebih lanjut untuk bisa mendapatkan program bantuan kemanfaatan atas program-program dari Kemensos.

Menurutnya bantuan negara tentunya berdasarkan aturan salah satunya bahwa seluruh penerima program kemanfaatan harus masuk kedalam data terpadu kesejahteraan sosial. Hal itu agar data tidak terjadi tumpang tindih.

“Kemensos terus mengupayakan agar sasaran bantuan itu tepat guna. Kebermanfaatan dan ketepatan sasaran bantuan itu memang betul-betul tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya bahwa program itu dengan menggandeng Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) dalam melakukan pendataan.

Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken, selaku pendamping dalam program tersebut mengakui untuk wilayah Kota Bekasi baru difokuskan di Bekasi Timur. Hal tersebut setelah dilakukan seleksi ditetapkan di wilayah Kelurahan Duren Jaya.

Maret Samuel Sueken, Ketua Umum JPKP pendamping penyaluran bantuan atensi disabilitas dari Kemensos, ditemui di lokasi SMK Karya Guna 2 Duren Jaya, Rabu (8/9/2021). -Foto: M, Amin

“Setelah diseleksi oleh Kemensos maka ditentukan tahap awal digelar di Duren Jaya, Bekasi Timur ini untuk dikunjungi dan diberi atensi disabilitas. Saat ini bantuan fokus ke 46 kawan disabilitas di Kelurahan Duren Jaya,” ungkap Maret kepada Cendana News.

Diakuinya, program tersebut berangkat dari kepedulian JPKP dengan berkomunikasi langsung dengan Kemensos. Saat ini setidaknya sudah menyentuh langsung di 27 Provinsi sesuai laporan oleh tim JPKP dan mendapat perhatian kunjungan langsung dari Menteri Sosial.

Menurutnya banyak temuan di berbagai daerah oleh JPKP terkait masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan yang dilaporkan dan langsung mendapat perhatian dari Kemensos. Bahkan tak segan-segan langsung mendapat perhatian dari Mensos Ibu Risma.

“Setiap temuan saya berkomunikasi langsung dengan Kemensos karena masih banyak orang yang harus sentuh terutama mereka yang benar-benar membutuhkan. JKPK melakukan pendataan di lapangan, dan banyak temuan itu jadi bahan dari Ibu Risma ketika ke daerah,” jelasnya.

Bantuan atensi disabilitas oleh Balai Melati Kemensos di Kota Bekasi digelar di SMK Karya Guna 2 yang telah  memfasilitasi tempat dan memberikan bantuan makanan.

Lihat juga...