Ada Sari Kacang Hijau Dibalik Nikmatnya Kikil Ipung Situbondo Jawa Timur

Editor: Maha Deva

Satu porsi kikil ukuran kecil yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan rasa yang nikmat dilidah, diwilayah Desa Sumberkolak Pareyaan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Sabtu(25/9/21) - Foto Iwan Feri

SITUBONDO – Kuliner kikil sapi yang disajikan di kikil Ipung Situbondo perlu untuk dicoba untuk dinikmati sebagai hidangan makan bersama keluarga. Di Situbondo, Kikil Ipung sangat diminati masyarakat, baik warga Situbondo maupun dari warga luar daerah. Kelezatannya sudah sangat dikenali.

Pengelola kikil Ipung, Tuminah menyebut, ada rahasia di balik nikmatnya olahan kikil miliknya. “Rasianya, olahan kikil yang biasa saya buat ditambahi sari kacang hijau,” ujar Tuminah, kepada Cendana News, saat ditemui di Desa Sumberkolak Pareyaan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Sabtu(25/9/21).

Lebih lanjut warga Desa Sumberkolak, Pareyaan tersebut mengatakan, perbedaan Kikil Ipung dengan masakan kikil lainnya, adalah di penggunaan sari kacang hijau. Sedangkan, di pedagang lain disebutnya, menggunakan kacang hijau sebagai campuran dari masakan kikil. “Memang setiap olahan makanan, setiap pedagang memiliki kemasannya sendiri, termasuk saya pribadi,” tandasnya.

Tuminah, melayani pembeli yang datang, di tempat usaha kulinernya di Desa Sumberkolak Pareyaan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Sabtu(25/9/21) – Foto Iwan Feri

Untuk menngolahan kikil sapi, Tuminah menggunakan rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, dan sejumlah bumbu rempah lainnya, untuk penambah rasa. “Tahapan awal yang perlu dilakukan, masukkan kikil kedalam air mendidih. Biarkan di air mendidih kurang lebih selama 30 menit,” ungkapnya.

Setelah direbus tersebut, potong kikil dengan ukuran kecil-kecil sesuai keinginan. “Setelab tahapan pemotongan kikil menjadi kecil, proses selanjutnya yakni menyiapkan bahan bumbu yang telah disediakan. Biasanya proses penghalusan bumbu dilakukan secara manual, untuk mempertahankan aroma khas pada bumbu rempah yang dibuat,” jelasnya.

Proses akhir, masukkan kikil ke dalam wadah besar yang berisi air beserta bumbu yang sudah disiapkan. Masak hingga matang dengan sempurna. Ipung, salah satu anak dari Tuminah menyebut, usaha kuliner yang dijalani sejak 2006 lalu, seperti tidak terimbas pandemi. “Walaupum saat ini masih PPKM, pengunjung yang datang masih cukup ramai,” ungkapnya.

Ipung menyebut, satu porsi harga kikil harga jualnya beragam tergantung porsi. Untuk porsi kecil dijual Rp30.0000, porsi sedang seharga Rp45.0000, dan porsi ukuran besar, seharga Rp50.000.

Lihat juga...