Agrowisata Nanas Tangkit Baru Muarojambi Dilengkapi Galeri Produk Inovasi

Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busyro, melakukan peletakan batu pertama pembangunan galeri display produk inovasi nanas di kawasan agrowisata buah nanas di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi - foto Ant

MUAROJAMBI – Kawasan agrowisata buah nanas, di Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, membangun galeri produk inovasi berbahan baku nanas. Produk tersebut merupakan hasil olahan produk nanas para petani setempat.

Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bapeltan Kementerian Pertanian Provinsi Jambi, Dr Rustam mengatakan, tujuan pembangunan galeri tersebut agar dapat menjadi sentra pemasaran produk nanas Tangkit, maupun produk olahan nanas.

Nantinya, akan terdapat dua pilihan galeri, display nanas segar pasca panen, yang sudah melalui proses teknologi budi daya dan pasca panen yang tepat. Sehingga nanas yang dipajang terjaga kesegarannya. “Bangunan galeri ini semi permanen, konsepnya artistik, menyatu dengan alam sekitar dan relatif komplit, minimalis dan kreatif, ” kata Rustam.

Galeri produk inovasi nanas di dalam kawasan agrowisata Desa Tangkit Baru itu kerja sama BPTP Jambi dengan Komite Ekraf Provinsi Jambi. Peletakan batu pertama bangunan galeri itu dilakukan oleh Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, Rabu (1/9/2021).

Ke depannya, fasilitas tersebut akan didesain dengan konsep taman terbuka, yang dapat berfungsi sebagai cafe. Pengunjung yang datang, dapat difasilitasi untuk bersantai sambil menikmati produk nanas segar, serta produk turunan nanas milik UMKM lokal.

Kepala BPTP Jambi mengapresiasi Pemkab Muarojambi yang mendukung program ekonomi agrowisata seperti yang ada di Desa Tangkit baru. Diharapkan dengan adanya galeri ini dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati nanas tangkit yang segar. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi para petani nanas di desa itu

“Sekarang meski belum ada display produk nanas tapi pengunjung yang datang sudah bisa menikmati produk nanas maupun olahannya, bisa foto-foto dengan latar hamparan kebun nanas, ” terangnya.

Ditargetkan, pembangunan display akan selesai pada Desember 2021 mendatang. Saat ini, BPTP Jambi sudah menggandeng beberapa pelaku UMKM Desa Tangkit Baru dalam pengembangan produk olahan nanas. Sehingga proses pemasaran produk olahan dapat memasuki pasar yang lebih luas.

Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busyro mengapresiasi program agrowisata nanas di Desa Tangkit Baru. Pemkab berharap, program tersebut dapat meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat sekitar. (Ant)

 

Lihat juga...