Baciker, Kuliner yang Mulai Digemari di Kabupaten Bandung

Editor: Maha Deva

Beciker, kuliner khas sunda yang mulai digemari semua kalangan, Sabtu (11/9/2021) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat - Foto Amar Faizal Haida
BANDUNG – Bakso Aci Ceker atau disingkat Baciker, kini menjadi menu kuliner yang semakin populer di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Makanan tersebut kini marak dijajakkan para pedagang, di berbagai ruas jalan, di wilayah Bandung.
Disajikan dengan kuah pedas yang gurih, serta cairan jeruk nipis yang kecut alami, membuat makanan khas Sunda tersebut kini digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. “Kalau sudah makan baciker sampai berkeringat, berarti mantap nya maksimal,” ujar Via Pertiwi, warga kampung Garudapaksi, Desa Pinggirsari,  Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/9/2021).
Menurut Via, baciker merupakan makanan alternatif pengganti bakso. Baciker, dirasakan lebih nikmat karena komposisinya lebih beragam, mulai dari bakso aci, ceker, cuanki, tahu, dan pilus. “Saya sendiri paling suka ceker-nya. Teksturnya kenyal sampai ke ujung, nikmat. Apalagi diseruput sama kuah baciker yang pedas, wah mantap,” tandas Via.
Di samping nikmat, harga baciker juga relatif murah. Dengan uang Rp5.000, sudah bisa menyantap seporsi baciker yang mengenyangkan. “Karena yang jual sudah banyak, jadi tidak perlu susah-susah lagi membikin di rumah. Mending beli, harganya juga terjangkau,” tandasnya.
Kerumitan membuat baciker bergantung pada banyaknya komposisi bahan yang diinginkan. Namun menurut Popon Ely, warga desa Arjasari lainnya, yang terpenting adalah mengolah kuah baciker. “Karena yang paling penting itu kuahnya. Kalau kuahnya tidak enak, ya tidak enak semuanya,” kata Popon.
Untuk membuat kuahnya, siapkan bahan yang dihaluskan seperti cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan air secukupnya. “Dimasak semua secara bersamaan. Kemudian tambahin cabai bubuk dan air perasan jeruk nipis. Dijamin enak,” pungkas Popon.
Lihat juga...