Bubur Ayam Khas Kuningan Pilihan Sarapan di Galaxy

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Beragam menu sarapan khas berbagai daerah tersedia di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Tinggal pilih, sesuai selera asal pasti ada di Kota Patriot, dari harga kaki lima sampai bintang lima. Salah satunya adalah bubur ayam Kuningan.

Bubur ayam Kuningan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bubur ayam khas Cirebon, menggunakan kuah kuning atau kari dengan rasa yang gurih dan kering, tidak sama dengan bubur ayam biasanya menggunakan kuah sop yang banyak.

“Bubur ayam Kuningan Galaxy, kuahnya banyak rempah khas dengan karinya. Hingga rasanya pun berbeda, untuk pilihan ada dua macam paket komplet atau biasanya,” jelas Mang Udin, pedagang bubur ayam Kuningan di Komplek Galaxy Bekasi Selatan, kepada Cendana News, Sabtu (4/9/2021).

Mang Udin, penjual bubur ayam khas Kuningan di komplek RSO Galaxy, Sabtu (4/9/2021). -Foto M. Amin

Bubur Ayam pada umumnya memiliki kesamaan pada bahan baku, tapi untuk menambah varian rasa letaknya pada kuah, seperti kari, kuah sop atau lainnya yang diracik dengan rempah khusus. Sehingga memberi rasa berbeda gurih dan lainnya.

Menurutnya bubur ayam bahan baku utama adalah beras dimasak dengan kaldu ayam. Kemudian diberi daun salam dan bumbu lainnya. Tapi sebelumnya semua bumbu itu ditumis bersama kaldu dengan beragam racikan yang disediakan.

Tapi lanjutnya jangan lupa menyiapkan ayam untuk digoreng, setelah selesai bisa disuwir-suwir sebagai campuran. Ketika semua matang maka semua bahan bisa dipadukan dalam bumbu dan disiram kuah yang telah dimasak dengan beragam racikan dengan mangkok.

“Kuah karinya, bisa disesuaikan selera ada yang suka bubur ayam kuah kering atau basah. Di sini, saya menyajikan sesuai dengan khas bubur Ayam Kuningan kuah kering begitu, tapi ketika pelanggan minta tambah kuah maka akan diberikan,” papar Mang Udin bubur ayam terletak pada bumbu kuah.

Saat ini Mang Udin, mengaku bubur ayamnya bisa dipesan online. Atau bisa datang langsung di emperan Ruko Galaxy Blok RSO. Buka setiap pagi dan sore dengan harga terjangkau rasa persis seperti bubur ketika berada di Kuningan.

Mas Budi, penyuka bubur ayam, mengaku hampir setiap hari sarapan bubur ayam. Jika ia di bengkel ada gerobakan bubur ayam pasti dibeli. Bubur ayam baginya cocok di kala ada yang sedang kurang sehat karena flu ataupun demam. Karena bisa menyesuaikan kepedasannya.

“selain rasa gurih, lembut bubur ayam ini mudah dicerna, bubur ayam adalah andalan di kala pemulihan. Apa lagi, saya mengidap batu ginjal begini, sarapan bubur ayam lebih pas, karena bisa menyesuaikan selera seperti pedas dan lainnya” jelasnya.

Banyak pilihan bubur ayam seperti versi Bandung maka ciri khasnya berbeda lagi, begitu pun bubur ayam Jakarta terkenal karena kuah kuningnya atau dari Jawa Tengah semua tergantung selera karena topping-nya pun berbeda sesuai daerah. Tapi ia mengaku lebih menyukai bubur ayam Kuningan atau Cirebon karena keduanya mirip, tak ada bedanya.

Lihat juga...