Budaya Indonesia Diperkenalkan KBRI Washington di Universitas Richmond

JAKARTA — Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat memperkenalkan budaya Indonesia di Universitas Richmond (UR), Virginia, melalui kegiatan Indonesian Day and Cultural Fair pada 21-22 September 2021.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan kegiatan tersebut menjadi salah satu gelaran publik yang pertama secara fisik di lingkungan kampus UR seiring dengan membaiknya situasi pandemi COVID-19 di wilayah negara bagian Virginia.

Kegiatan itu merupakan  upaya meningkatkan pengetahuan publik AS mengenai Indonesia melalui seni, budaya, serta musik.

“Acara ini merupakan sebuah bentuk kerja sama yang sangat baik antara Universitas Richmond dengan KBRI Washington, DC. Ini juga menjadi salah satu bentuk komitmen nyata kami untuk menjadi mitra promosi Indonesia di Richmond,”  ujar Profesor Andrew McGraw, pengajar dan etnomusikolog di Modlin Center for the Art-UR yang selama kurang lebih 20 tahun ini mempelajari budaya dan musik Indonesia.

Pada hari pertama, rangkaian kegiatan diawali dengan penyampaian kuliah umum oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Washington DC R Wirawan Kartono di Robins School of Business. Kuliah dengan tema Outlook on Indonesian Economy 2021 tersebut diikuti dengan antusias oleh para peserta.

Pembantu Dekan Bidang Bisnis Internasional Professor Tom Cosse menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan kuliah umum tersebut.

“Sesi ini sangat baik sekali untuk memperkenalkan dan membuka wawasan mengenai potensi besar ekonomi Indonesia kepada para peserta yang akan menjadi pemimpin bisnis di masa datang,” katanya.

Pria yang telah mengajar kurang lebih selama 40 tahun di UR tersebut juga menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah bisnis di Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pameran dan loka karya yang bertempat di pusat kampus UR di lapangan Westhampton Green.

Lihat juga...