Cuaca Ekstrem, Pohon Dekat Saluran Listrik di Situbondo Dipangkas

Editor: Makmun Hidayat

SITUBONDO — Intensitas cuaca buruk akibat angin kencang, mengakibatkan banyak terjadi pohon tumbang di Situbondo. Kejadian tersebut berdampak pada kerugian masyarakat, salah satunya terjadi pemadaman listrik.

Guna mengurangi terjadi pemadaman listrik akibat bencana alam, PLN UP3 Situbondo, Jawa Timur,  melakukan pemangkasan beberapa pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik.

Pengawas Jaringan PLN UP3 Situbondo, Dwi Indrayana mengatakan, selama beberapa hari terakhir telah terjadi pohon tumbang, akibat cuaca angin kencang yang terjadi setiap harinya.

“Iklim cuaca saat ini lebih banyak terjadi pohon tumbang akibat terjangan angin. Sebagian besar, turut mengakibatkan kabel listrik terputus,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Kelurahan Patokan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, Rabu (29/9/2021).

Dwi Indrayana, saat ditemui di wilayah Kelurahan Patokan, Rabu (29/9/2021). -Foto: Iwan Feri Yanto

Dwi menyebutkan, proses penebangan pohon hanya dilakukan pada beberapa bagian batang saja, yang berisiko berdampak buruk terhadap jaringan kabel listrik.

“Pohon yang dekat dengan sambungan kabel listrik itu kami pangkas. Jadi penebangan pohon hanya dilakukan pada bagian atas, untuk mengurangi ketinggian pohon agar lebih rendah dengan tiang penyangga kabel listrik,” ungkapnya.

Lihat juga...