Cuaca Ekstrem, Pohon Dekat Saluran Listrik di Situbondo Dipangkas

Editor: Makmun Hidayat

SITUBONDO — Intensitas cuaca buruk akibat angin kencang, mengakibatkan banyak terjadi pohon tumbang di Situbondo. Kejadian tersebut berdampak pada kerugian masyarakat, salah satunya terjadi pemadaman listrik.

Guna mengurangi terjadi pemadaman listrik akibat bencana alam, PLN UP3 Situbondo, Jawa Timur,  melakukan pemangkasan beberapa pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik.

Pengawas Jaringan PLN UP3 Situbondo, Dwi Indrayana mengatakan, selama beberapa hari terakhir telah terjadi pohon tumbang, akibat cuaca angin kencang yang terjadi setiap harinya.

“Iklim cuaca saat ini lebih banyak terjadi pohon tumbang akibat terjangan angin. Sebagian besar, turut mengakibatkan kabel listrik terputus,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Kelurahan Patokan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, Rabu (29/9/2021).

Dwi Indrayana, saat ditemui di wilayah Kelurahan Patokan, Rabu (29/9/2021). -Foto: Iwan Feri Yanto

Dwi menyebutkan, proses penebangan pohon hanya dilakukan pada beberapa bagian batang saja, yang berisiko berdampak buruk terhadap jaringan kabel listrik.

“Pohon yang dekat dengan sambungan kabel listrik itu kami pangkas. Jadi penebangan pohon hanya dilakukan pada bagian atas, untuk mengurangi ketinggian pohon agar lebih rendah dengan tiang penyangga kabel listrik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan, efektivitas penebangan pohon turut menjadi pertimbangan khusus bagi pelayanan listrik bagi masyarakat, mengurangi dampak pohon tumbang. Sebab, kedepannya cuaca iklim memasuki musim penghujan.

“Memasuki musim penghujan, dampak buruk dari cuaca alam akan semakin terjadi, seperti hujan lebat, angin kencang dan pohon tumbang. Maka, antisipasi awal yang bisa dilakukan dengan cara mengurangi pohon yang dekat dengan saluran kabel listrik,” jelasnya.

Dwi menambahkan, selama beberapa hari ke depan, dirinya rutin menggelar proses pemangkasan pohon yang dekat dengan arus kabel listrik.

“Saat ini kami awali di sekitar Kelurahan Patokan yang terdapat tiga titik. Selanjutnya beralih kepada wilayah Panarukan, sampai seluruh area Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Secara terpisah, Andre warga Kelurahan Patokan, mengatakan, dengan adanya pemangkasan pohon ini, setidaknya keselamatan warga sekitar aman. Khawatirnya, kabel listrik yang putus akibat terpaan pohon tumbang mengenai warga.

“Cuaca angin kencang akhir-akhir ini sering terjadi. Tidak menutup kemungkinan, pohon yang ada bisa tumbang. Namun upaya yang bisa dilakukan tidak lantas menebang pohon secara keseluruhan. Cukup bagian atas pohon dipangkas, untuk mengurangi terpaan angin kencang,” ucapnya.

Lihat juga...