Damkar Agam: Kerugian Kebakaran Pasar Baso Capai Rp2,5 Miliar

LUBUKBASUNG — Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan kerugian kebakaran yang menghanguskan 24 kios Blog G di Pasar Baso, Selasa (14/9) sekitar pukul 02.30 WIB, diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar.

“Data ini yang kita peroleh dari pemilik kios di lapangan. Dalam kebakaran itu tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Agam Kurniawan Syahputra di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengaku pihaknya mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Pemadaman api juga dibantu oleh Damkar Kota Bukittinggi satu unit, Padang Panjang satu unit, Payakumbuh satu unit dan Kabupaten Limapuluh Kota satu unit

Dengan kekuatan penuh itu, tambahnya, api bisa dipadamkan pada pukul 04.30 WIB.

“Api bisa dipadamkan selama dua jam. Pemadaman api tidak ada kendala, sumber air cukup banyak dan akses lalu lintas ke lokasi tidak ada gangguan,” katanya

Ia mengimbau pemilik toko, kios dan kedai untuk memperbaiki jaringan instalasi listrik yang sudah tua dan jangan banyak colokan listrik yang beresiko pada arus pendek. Selain itu, memadamkan api sebelum meninggalkan rumah, menjauhkan api dari sumber api dan lainnya.

“Apabila ada korsleting segera laporkan ke Satpol PP Damkar Agam. Jika ada laporan, kita akan turunkan personel beserta mobil pemadam kebakaran,” katanya.

Warga juga diminta untuk tidak memasang tanggul atau polisi tidur sepanjang jalan utama, karena mengganggu akses armada ke tempat kejadian perkara, mengingat air di dalam mobil cukup berat.

“Mobil pemadam kebakaran kesulitan ke lokasi dengan adanya tanggul tersebut,” katanya. [Ant]

Lihat juga...