DCML Pesantunan Brebes Berencana Kembangkan Potensi Pariwisata

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

BREBES — Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah, terus berupaya meningkatkan perekonomian seluruh warganya. Selain melalui sektor pertanian dan perdagangan, upaya tersebut juga akan dilakukan lewat sektor pariwisata.

Hal tersebut rencananya akan dilakukan dengan membangun unit usaha baru berupa objek wisata yang akan dikelola oleh koperasi.

Meski masih dalam tahap penjajakan, pihak Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan sendiri mengaku serius untuk merealisasikan rencana ini. Mengingat Desa Pesantunan berada di lokasi cukup strategis, yakni kawasan jalur Pantura, yang berpotensi dilewati banyak wisatawan.

“Saat ini banyak daerah berlomba-lomba untuk berupaya meningkatkan perekonomian masyarakatnya melalui sektor pariwisata. Sebut saja DCML Badegan Ponorogo, DCML Samiran Selo Boyolali, hingga DCML Dieng Kulon Banjarnegara. Dari situlah kita juga termotivasi untuk bisa melakukan hal yang sama. Apalagi pihak Yayasan Damandiri juga terus mendorong dan mendukung kami,” ujar Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Slamet mengatakan, desa Pesantunan selama ini memang dikenal sebagai salah satu Desa Cerdas Mandiri Lestari yang fokus mengembangkan perekonomian warga lewat sektor pertanian dan perdagangan. Hal itu tak lepas karena mayoritas warga Desa Pesantunan berprofesi sebagai pedagang maupun petani, khususnya bawang merah

“Selama ini warga disini memang sangat mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian. Khususnya sebagai petani bawang merah ataupun cabai. Padahal sebenarnya kita juga memiliki potensi wisata yang cukup besar, meski belum digali dan dimaksimalkan,” katanya.

Saat ini, Slamet, mengaku tengah melakukan sejumlah kajian untuk melihat dan menentukan jenis wisata apa yang cocok di buka di DCML Pesantunan. Sehingga diharapkan pengembangan objek wisata ini bisa berjalan secara maksimum sehingga mampu mencapai tujuan yakni meningkatkan perekonomiannya dan kesejahteraan warga.

“Kita sudah melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi. Ada beberapa tempat yang potensial digarap dan dijadikan sebagai objek wisata menarik. Misalnya saja wisata di tengah kawasan ladang bawang merah, ataupun juga wisata mangrove di muara sungai Pemali yang berlokasi tak jauh dari sini. Semua masih kita pertimbangkan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan desa Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah sebagai desa binaan sejak tahun 2018 silam. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan baik itu di sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan maupun ekonomi.

Selain mengelontorkan dana bantuan hibah sosial mencapai miliaran rupiah, Yayasan Damandiri juga membentuk Koperasi Berkah Damandiri sebagai pelaksana program sekaligus induk setiap kegiatan yang ada. Tak hanya itu, Yayasan Damandiri juga mendirikan sejumlah unit usaha koperasi, mulai dari simpan pinjam Modal Kita, toko pertanian Warung Kita maupun denplot pertanian Tani Kita.

Selama beberapa tahun berjalan, perekonomian warga desa yang selama ini lebih banyak bergelut di sektor pertanian, terbukti bisa semakin maju dan berkembang. Sehingga secara otomatis kesejahteraan masyarakat desa perlahan semakin meningkat, dan angka kemiskinan semakin berkurang.

Lihat juga...