Debit Air Berkurang, PDAM Situbondo Minta Masyarakat Berhemat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SITUBONDO — Direktur Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) Situbondo, Asy’ari meminta masyarakat untuk berhemat dalam menggunakan air. Hal tersebut dikarenakan musim kemarau yang tengah berlangsung mengakibatkan ketersediaan sumber air menjadi berkurang.

“Pendistribusian air bersih saat ini mengalami keterbatasan, sebab, ketersedian debit air mengalami penurunan,” ujar Direktur PDAM Situbondo Asy’ari di Situbondo, Rabu (8/9/2021).

Asy’ari mengatakan, Keterbatasan air yang tersedia di akibatkan karena sumber airnya berkurang. Sehingga keterisian air didalam tempat pengeboran melambat, seiring dengan penggunaan masyarakat untuk kebutuhan setiap hari.

Minimnya sumber air yang keluar, berdampak pada proses penyaluran air ke rumah-rumah warga. Hal itu terjadi pada saat kegiatan produktifitas masyarakat menggunakan air.

Masyarakat akan aktif menggunakan air secara bersamaan di antara waktu pagi hari dan sore hari. Asy’ari menambahkan, keterbatasan sumber air yang tersedia, tidak jarang membuat mesin pompa mengalami kerusakan.

Hardianto, warga Desa Dawuhan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo mengatakan, dalam rangka mengurangi penggunaan air secara terus menerus, ia memilih memanfaatkan dengan cara terbatas, sekedar kebutuhan utama yang diperlukan.

“Penggunaan air bersih saat ini bisa dibilang terbatas, seyogyanya kami hanya menggunakan untuk kebutuhan pokok saja,” ucapnya.

Meminimalisir ketersediaan air yang terbatas, Hardi mengatakan, menggunakan air di malam hari yang kemudian ia tampung ke beberapa wadah. Sehingga keesokan harinya, ia tidak kesulitan untuk menggunakan air.

Lihat juga...