Desa Mangunjaya Bekasi Dirikan Posyandu Remaja

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Pembentukan Posyandu Remaja digagas RW 32 Dusun 3, Desa Mangun Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai wadah kesehatan khusus kalangan anak remaja setempat, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Ini dilandasi kegelisahan akan banyaknya giat anak remaja di lingkungan Dusun 3, yang vakum di tengah pandemi. Setelah didata ada sekira 370 orang anak remaja di lingkungan ini,” ujar Anggraeni Puspasari, Ibu RW 32, Desa Mangun Jaya, Jumat (10/9/2021).

Dikatakan, Posyandu Remaja sementara akan bertempat bersamaan dengan Posyandu Balita. Rencananya akan menjadi tempat sosialisasi tentang kesehatan, sekaligus terkait bahaya narkoba dan lainnya bagi remaja di lingkungan RW 32.

Menurut Reni, Posyandu Remaja untuk memberdayakan para remaja dalam memperoleh kemudahan pelayanan kesehatan, sekaligus dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja.

Ibu RW, Reni, selaku penggerak pembentukan Posyandu Remaja di Desa Mangun Jaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jumat (10/9/2021). –Foto: M Amin

“Tujuan meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan keterampilan tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA,” jelas Reni.

Banyak fungsi dan manfaat dari Poyandu Remaja untuk mengarahkan mereka lebih positif. Selain mengarahkan untuk perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), dan meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan.

“Posyandu Remaja ini sebagai wadah untuk anak remaja mendapatkan pelayanan kesehatan, dengan memantau pertumbuhan berat badan, tinggi badan, tensi darah, dan lainnya. Juga akan ada sosialisasi terkait bahaya narkoba, tentunya,” tandas Reni.

Salah satu penggerak di lapangan, Siska, mengaku saat ini sudah mulai melakukan sosialisasi di kalangan remaja di lingkungan RW 32. Bahwa, Posyandu Remaja akan digelar perdana pada Minggu 12 September 2021.

“Semua remaja diundang tanpa memandang status remaja, usia mulai dari usia 10 tahun ke atas dengan tidak memandang status pendidikan dan perkawinan, termasuk remaja dengan disabilitas,” tambah Siska.

Ide ini diinisiasi oleh Ibu RW, tujuannya untuk menghindari pergaulan remaja yang negatif. Melalui Posyandu Remaja, tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan, bimbingan dan penyuluhan tentang kesehatan.

“Penyuluhan pastinya seperti bahaya narkoba, seputar perkembangan hormon remaja dan lainnya, bagi remaja di lingkungan kami, minggu ini dimulai iInsyaallah kegiatan akan dibuka oleh Jayadi Said, kepala desa Mangun Jaya pada Minggu 12 September 2021, jam 09.00 WIB,”pungkasnya.

Lihat juga...