Dortmund Bawa Pulang Tiga Poin dari Kandang Besiktas

Gelandang serang Borussia Dortmund, Jude Bellingham (kedua kiri), diselamati rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Besiktas dalam pertandingan Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Rabu (15/9/2021) waktu setempat - Foto Ant
JAKARTA – Borussia Dortmund, mengantongi tiga poin penuh dari kandang Besiktas, seusai menang 2-1 atas tuan rumah dalam pertandingan Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Rabu (15/9/2021) waktu setempat atau Kamis (16/9/2021) dinihari WIB.
Jude Bellingham dan Erling Haaland, mencetak gol-gol untuk Dortmund yang baru bisa dibalas terlambat oleh Besiktas melalui, Francisco Montero. Dortmund sementara memimpin klasemen Grup dengan tiga poin, sembari menunggu hasil pertandingan. Sporting CP versus Ajax, yang berlangsung lebih larut. Sdangkan catatan laman resmi UEFA menyebut, Besiktas berada di dasar klasemen.

Tuan rumah, sebetulnya sempat mengancam lebih dulu, kala umpan jauh Miralem Pjanic, masih bisa dikendalikan Michy Batshuayi . Sayang penyelesaian pemain pinjaman dari Chelsea itu bisa dimentahkan oleh kiper, Gregor Kobel.

Dominasi Besiktas hanya bertahan sekira 15 menit pertama, sebelum Dortmund mampu merebut keunggulan pada menit ke-20 melalui gol Bellingham. Berawal dari umpan voli Thomas Meunier, bola dikendalikan Bellingham dengan satu sentuhan, sebelum ia melesakkan si kulit bundar di antara kedua kaki kiper, Ersin Destanoglu.

Sejak itu, kendali permainan beralih ke tangan Dortmund, yang nyaris menggandakan keunggulan sayang tembakan Haaland masih melenceng dan sepakan sang kapten Marco Reus, masih bisa diamankan Destanoglu.

Pada menit ketiga injury time babak pertama, Dortmund akhirnya sukses menggandakan keunggulan mereka lewat aksi Bellingham, yang menari melewati hadangan bek tuan rumah sebelum mengirimkan umpan tarik yang diteruskan sempurna oleh Haaland ke dalam gawang Besiktas.

Besiktas, memperbaiki penampilan mereka di paruh kedua. Dan pada menit ke-67, kiper kedua tim saling bergantian unjuk kebolehan mengamankan gawang masing-masing. Destanoglu, lebih dulu menutup ruang tembakan Bellingham, yang memicu serangan balik Besiktas. Lantas kemudian Kobel, mementahkan peluang Batshuayi, dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit kedua injury time, talenta muda Ansgar Knauff, nyaris memperlebar keunggulan Dortmund. Sayang tembakannya, untuk menyelesaikan umpan tarik Marius Wolf, berakhir membentur mistar gawang. Dua menit berselang, upaya tuan rumah membalas akhirnya membuahkan hasil, saat umpan tendangan bebas Pjanic, bisa disambut oleh Montero, yang lolos dari jebakan offside dan menanduk bola ke gawang Dortmund.

Sayangnya waktu terlalu singkat bagi Besiktas untuk mencari satu gol lagi dan mereka harus rela menutup laga dengan raihan nirpoin setelah kalah 1-2 dari tamunya. Di pertandingan selanjutnya yang dimainkan pada 28 September, Besiktas akan bertandang ke markas Ajax, sedangkan Dortmund menjamu Sporting CP di Signal Iduna Park. (Ant)

 

Lihat juga...