DPRD Belitung Minta Pemprov Perbaiki Kerusakan Dermaga Suak Gual

BELITUNG, BABEL — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung meminta Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperbaiki kerusakan Dermaga Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, agar bisa digunakan kembali oleh nelayan di daerah itu.

“Kami harapkan kerusakan di salah satu sisi dermaga tersebut bisa segera diperbaiki agar bisa digunakan dan tidak membahayakan keselamatan nelayan,” kata Ketua Komisi I DPRD Belitung, Syamsir, di Tanjung Pandan, Selasa.

Hal ini disampaikan dia usai kunjungan kerja ke Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, untuk melihat kondisi kerusakan dermaga nelayan tersebut.

Menurut dia, akibat kerusakan di salah satu sisi dermaga tersebut menyebabkan salah seorang warga setempat dan kendaraan roda tiga yang dikendarainya terjatuh ke laut saat mengangkut hasil tangkapan nelayan.

“Kerusakan ini harus menjadi perhatian bersama dan perlu diambil tindakan secepatnya,” ujarnya.

Ia mengatakan hasil peninjauan tersebut kemudian disampaikan kepada Dinas Perhubungan Belitung untuk diteruskan kepada Pemerintah Provinsi agar kerusakan  segera diperbaiki karena dermaga itu menjadi pintu masuk wisatawan yang akan berkunjung ke desa itu.

“Tadi sudah ada konfirmasi dari mereka (Dinas Perhubungan) akan melakukan perbaikan sementara dulu agar dermaga tetap bisa digunakan masyarakat sambil menunggu tindak lanjut dan konfirmasi dari Bappeda Provinsi,” katanya.

Ia berharap pihak terkait segera memperbaiki kondisi dermaga tersebut mengingat saat ini Desa Suak Gual merupakan salah satu destinasi wisata bahari di daerah itu.

“Desa Suak Gual telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai percontohan kampung nelayan maju sehingga mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat,” ujarnya. [Ant]

Lihat juga...