Es Kacang Merah Alpukat, Minuman Segar Kala Terik Menyengat

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Kala cuaca panas terik dahaga akan terobati dengan minuman menyegarkan. Salah satu varian kuliner dalam bentuk minuman berbahan kacang merah dibuat menjadi es.

Jaja Saepuloh, pedagang es kacang merah alpukat menyebut menyediakan es dengan berjualan keliling. Lokasi berjualan di Jalan Imam Bonjol, Gedong Air, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung jadi tempat strategis menunggu konsumen.

Es kacang merah sebut Jaja Saepuloh merupakan minuman yang disukai berbagai kalangan. Ia menyebut sejatinya es yang dijual merupakan varian es putar. Melalui pembuatan yang divariasikan dengan sejumlah bahan ia membuat es kacang merah alpukat.

Bahan utama pembuatan es kacang merah sebutnya berupa kacang merah, santan kelapa, tepung sagu, tepung kue, tepung moris, gula dan buah alpukat.

Semua bahan sebut Jaja Saepuloh dimasak memakai air panas. Tahap selanjutnya semua bahan diaduk hingga tercampur merata. Setelah semua bahan selesai diaduk, masukkan dalam wadah khusus. Wadah khusus tersebut pada bagian luar diberi garam, es batu lalu diputar. Proses memutar wadah berupa dandang akan menghasilkan es yang siap jual.

“Butuh waktu sekitar tiga jam untuk memutar adonan es layaknya proses pembuatan es putar atau es krim, es tersebut telah memiliki rasa manis dengan varian rasa buah alpukat yang disukai oleh pelanggan, bahan tambahan berupa kacang merah atau variasi kacang hijau,” terang Jaja Saepuloh saat ditemui Cendana News, Sabtu (4/9/2021).

Jaja Saepuloh menyiapkan pesanan dua pelanggan es kacang merah alpukat di Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Sabtu (4/9/2021). -Foto Henk Widi

Jaja Saepuloh menyebut setelah semua bahan es selesai dibuat. Tahap selanjutnya penyiapan kacang merah. Kacang merah yang telah dicuci bersih selanjutnya direbus hingga matang. Proses perebusan kacang merah sebutnya dilakukan hingga empuk sebagai taburan atau topping. Kacang merah selanjutnya disimpan dalam toples dengan tambahan kacang hijau. Selain itu ia juga kerap menambahkan tapai singkong.

Es kacang merah alpukat sebut Jaja Saepuloh memiliki aroma khas alpukat. Saat ada pelanggan ia akan meracik es dalam sebuah gelas plastik. Satu porsi es kacang merah alpukat akan diisi dengan es, taburan kacang merah rebus, kacang hijau, tape. Sebagian pelanggan memilih hanya diberi kacang merah karena memiliki kandungan nutrisi tinggi.

“Kacang merah kaya gizi, memiliki khasiat menangkal radikal bebas, menyehatkan pencernaan, menjaga energi tubuh,” ulasnya.

Es kacang merah alpukat sebut Jaja Saepuloh dalam sehari bisa habis. Normalnya sebelum pandemi ia bisa menjual 120 gelas dengan harga Rp5.000 dengan hasil Rp600.000. Namun selama masa pandemi ia menjual setengahnya mencapai 60 gelas atau hasil hanya Rp300.000. Menjual es kacang merah alpukat di lokasi strategis membuat ia mudah dijumpai pelanggan.

Susanti, salah satu pelanggan es kacang merah alpukat menyebut sensasi rasa es cocok diminum saat cuaca terik. Ia kerap membeli dua gelas es untuk dinikmati dalam kondisi mencair. Saat es kacang merah mencair ia bisa menyeruputnya memakai sedotan atau sendok. Ciri khas es kacang merah yang dibuat Jaja sebutnya memiliki varian rasa alpukat yang wangi. Tambahan kacang merah yang ditaburkan juga empuk.

“Saya kerap menunggu es mencair sehingga lebih lumer dan bertekstur lembut bisa diseruput pas saat cuaca terik,” ulasnya.

Susanti menyebut membelikan sang anak yang sementara belajar di rumah. Sebelumnya sang anak kerap membeli saat sekolah tatap muka. Mengobati kerinduan akan es kacang merah alpukat, ia juga kerap membelinya lalu disimpan di lemari pendingin. Es kacang merah alpukat bisa dinikmati bersama roti tawar dan roti bakar.

Menikmati es kacang merah alpukat jadi pilihan bagi Stevani. Ia menyebut tambahan kacang merah pada es memiliki nilai gizi yang tinggi. Kacang merah yang ditaburkan dalam es yang lembut nikmat diseruput. Saat es meleleh ia bisa menyeruputnya sembari mengunyah kacang merah, kacang hijau. Saat kondisi panas terik es kacang merah alpukat bisa menjadi pelepas dahaga nan menyehatkan.

Lihat juga...