Gatot Gurih Kuliner Berbahan Singkong yang Lezat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Olahan berbahan baku singkong bisa disajikan dalam varian kuliner nan lezat. Kuliner khas yang bisa disajikan sebagai camilan kala akhir pekan salah satunya gatot.

Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan bilang gatot dibuat melalui beberapa tahap. Ia memilih jenis singkong roti yang memiliki tekstur lembut, renyah.

Proses menggoreng gatot yang telah dikukus serta diberi campuran tepung dan penyedap rasa oleh Suyatinah di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (11/9/2021) – Foto: Henk Widi

Gatot sebut Suyatinah menjadi warisan tradisi kuliner saat masa kecilnya di Gunung Kidul, Yogyakarta. Merantau ke Lampung, kuliner gatot tetap dibuatnya sebagai sajian lezat bagi keluarga. Mula-mula singkong roti yang telah dipanen dibersihkan lalu dipotong ukuran kecil lalu dikeringkan. Pengeringan singkong tersebut membuat perubahan warna menghitam oleh fermentasi.

Singkong yang telah dikeringkan sebut Suyatinah dikenal sebagai gaplek. Proses pembuatan gaplek menjadi solusi pengawetan singkong yang bisa diolah menjadi gatot.

Setelah gaplek kering selesai dibuat, pembuatan gatot diawali dengan proses perendaman. Perendaman gaplek dalam air selama tiga jam lalu dibilas untuk meluruhkan jamur proses fermentasi alami.

“Setelah direndam lalu ditiriskan selanjutnya bisa disiapkan adonan tepung terigu yang diberi garam dan penyedap rasa penambah rasa gurih saat digoreng. Bagi yang menyukai gatot original tanpa tepung cukup ditambahkan garam dan penyedap rasa saat penggorengan,” terang Suyatinah saat ditemui Cendana News, Sabtu (11/9/2021).

Suyatinah bilang sebagai peninggalan kuliner yang unik, gatot disajikan sebagai camilan saat pagi. Agar rasa menjadi lebih gurih, pemberian adonan tepung yang diberi garam dan penyedap rasa dilakukan selama setengah jam.

Tujuannya agar bumbu meresap menciptakan rasa gatot yang gurih dan lezat. Saat penggorengan gatot memakai minyak yang telah panas sehingga kering sempurna.

Gatot yang telah digoreng sebut Suyatinah bisa langsung disajikan selagi hangat. Agar lebih lezat, varian penyajian gatot bisa dikreasikan dengan taburan kelapa parut yang diberi garam.

Kreasi kekinian gatot bisa diberi tambahan cocolan sambal tomat pedas. Bagi anak-anak pemberian keju mozarella serta keju menjadi penambah kelezatan gatot. Menyajikan gatot sebutnya jadi pilihan camilan agar anak tidak jajan.

“Tekstur lembut, kenyal dengan tambahan rasa gurih menjadikan gatot jadi kuliner lezat yang disukai anak-anak,” ulasnya.

Olahan gatot yang disukai anak-anak sebut Suyatinah bisa diberi varian rasa berbeda. Variasi gatot bisa diberi taburan sambal balado, perasa gurih dan pedas memakai penyedap rasa instan.

Sajian gatot bisa semakin lezat kala disajikan hangat bersama dengan secangkir teh hangat, kopi hangat kala pagi. Penyajian kala pagi menjadikan gatot jadi olahan pendamping sarapan.

Rohmanto, warga Pasuruan menyebut pengolahan singkong jadi gaplek lalu menjadi gatot bisa jadi cadangan pangan.

Pengolahan memanfaatkan sinar matahari membuat hasil gatot bisa kering sempurna. Agar fermentasi sempurna gaplek kering bisa dicuci dengan air bersih lalu kembali dijemur. Cara itu bertujuan agar warna gaplek bahan gatot lebih bersih dan putih

“Timbulnya warna hitam kerap karena proses penjemuran disertai hujan sehingga ada jamur hitam,” ulasnya.

Warna hitam pada olahan gatot justru disukai oleh Suprihatin. Warga Pasuruan itu mengaku penggorengan dengan tambahan penyedap rasa.

Menikmati gatot gurih semakin lezat saat disajikan dalam kondisi panas oleh Suprihatin di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (11/9/2021) – Foto: Henk Widi

Rasa gurih dengan tekstur lembut, renyah berpadu menjadi satu. Penggorengan sempurna menjadikan gatot lebih garing dan nikmat disantap selagi hangat. Gatot yang digoreng kering sebutnya bisa menjadi pengganti menu sarapan karena kaya karbohidrat.

Gatot yang telah digoreng sebutya akan semakin lezat saat dicocol dengan sambal tomat. Sensasi rasa gurih pada gatot sebutnya berpadu dengan sambal tomat.

Gatot yang digoreng dengan tambahan tepung sebutnya menjadikan sensasi garing dan lembut bertambah. Gatot sebutnya cocok jadi camilan sekaligus pengganti nasi kala pagi sebelum beraktivitas.

Lihat juga...