Gelar Teknik Pertolongan Ketinggian, Basarnas Lampung Libatkan Sejumlah Potensi SAR

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Tingkatkan kemampuan potensi Search And Rescue (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung gelar pelatihan pelatihan tekhnik pertolongan di ketinggian. Kegiatan tersebut mengambil tempat di taman wisata Wira Garden di kaki Gunung Betung dengan melibatkan sejumlah potensi SAR di Lampung.

Jumaril, kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung menyebutkan, 50 peserta pelatihan yang dilibatkan berasal dari instansi pemerintah dan relawan. Mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung, unsur Dit Samapta Polda Lampung, Bataylon Pelopor Brimob Polda Lampung, Siswa pecinta alam, mahasiswa pencinta alam (Mapala), Coral Lampung dan potensi SAR lainnya.

“Sejumlah peserta dalam pelatihan sebagian telah memiliki bekal dalam kegiatan pertolongan dan pencarian, namun pada pelatihan selama lima hari di Wira Garden fokus pada tekhnis penyelamatan di ketinggian sehingga potensi SAR semakin dibekali dengan ilmu baru,” terang Jumaril di Bandar Lampung, Selasa (14/9/2021).

Jumaril menyebutkan, pelatihan akan digelar selama lima hari sejak Senin (13/9) hingga (18/9) mendatang. Ia berharap semua peserta bisa mendapatkan dasar dasar pentingnya tekhnik pertolongan pada ketinggian.

Keberadaan sejumlah potensi SAR diakuinya akan menjadi pendukung bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung. Pembekalan akan diberikan langsung oleh Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional yang ilmunya bisa diserap potensi SAR Lampung.

Jumaril, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung saat pelatihan tekhnik pertolongan di ketinggian bagi potensi SAR Lampung di Wira Garden, Bandar Lampung, Selasa (14/9/2021). Foto: Henk Widi/HO SAR Lampung

Mochammad Hernanto, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menegaskan, pelatihan penting dilakukan guna mencapai sinergitas dalam misi kemanusiaan antar komunitas masyarakat.

“Kegiatan pencarian dan pertolongan atau dikenal SAR merupakan tugas bersama yang harus disadari seluruh elemen,” ulasnya.

Mochammad Hernanto menegaskan, dibutuhkan keseriusan masing masing elemen. Mengingat begitu besar peran pencarian dan pertolongan dalam membantu tugas penyelenggaraan suatu operasi pencarian dan pertolongan khususnya di ketinggian.

Pelatihan sebut Mochammad Hernanto mutlak dilakukan pada potensi SAR. Sebab sebagian peserta berasal dari organisasi berbeda sebagian masyarakat awam juga bisa mendapat manfaat.

Salah satu peserta potensi SAR, Hasan menyebutkan, selama ini mendapat pelatihan dasar dasar pertolongan. Sejumlah pelatihan dan telah dipraktekkan berada pada lokasi di darat dan perairan. Ia mengapresiasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melalui SAR Lampung yang menggelar pelatihan spesifik. Pelatihan tekhnik pertolongan pada ketinggian memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga dibutuhkan skill, kerjasama tim.

Lihat juga...